Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-naga

Jangan melihat dari bentuknya yang menyeramkan, buah naga ternyata yang memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Buah naga atau pitaya merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus yang aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Sedangkan nama naga atau “dragon” sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi dan mereka selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga.

Buah naga memiliki kandungan yang tinggi akan zat antioksidan, serat, vitamin, serta mineral yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Menurunkan berat badan
Jika Anda sedang dalam program diet, konsumsilah buah naga sebagai camilan sehat. Buah naga adalah buah yang rendah kalori dan mengandung vitamin yang lengkap. Kandungan vitamin dalam buah naga mampu membuat tubuh Anda tetap stabil saat anda menekan makanan demi mendapat bentuk tubuh yang proporsional.

Mencegah kanker
Lebih baik mencegah daripada mengobati, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat mencegah penyakit kanker, hal ini di karenakan buah naga mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang sangat di perlukan oleh tubuh. Antioksidan sendiri terbukti sangat efektif untuk mencegah atau mengurangi resiko terjadinya kanker.

Meningkatkan kesehatan jantung
Kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab gangguan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Makan buah naga secara rutin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Melawan penuaan dini
Buah naga banyak mengandung mineral dan zat antioksidan. Kedua nutrisi ini dapat mengurangi tingkat penuaan sel serta menjaga kesehatan pembuluh darah yang mampu melawan penuaan dini.

Menurunkan diabetes
Tingginya jumlah serat yang ada di dalam buah naga dikenal dapat mengatur kadar gula darah sehingga bermanfaat untuk mengendalikan gejala diabetes. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi

Menjaga kesehatan tulang
Manfaat buah naga lainnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Buah ini mengandung kandungan zat besi dalam jumlah yang cukup banyak yang penting untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat besi.

Mengurangi nyeri tubuh
Buah naga kaya akan sifat anti inflamasi yang diketahui mampu meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat menjadi obat alami untuk mengobati arthritis.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi usus besar dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah naga kaya akan vitamin B, C, dan mineral seperti kalsium serta zat besi. Antioksidan yang berasal dari vitamin C ini dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh secara keseluruhan, sehingga Anda tidak mudah sakit. Rajin mengonsumsi buah ini akan membuat Anda jarang terkena penyakit-penyakit ringan macam flu, batuk, sariawan, sakit tenggorokan, dan yang lainnya.

Menjaga kesehatan mata
Buah naga memiliki kandungan betakaroten yang lumayan tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kejernihan mata. Buah naga bisa menjadi pilihan makanan alternatif untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Selain manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh yang berlimpah, buah ini termasuk buah sehat yang gampang diperoleh dan harganya sangat terjangkau.
0 Komentar untuk "Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh"

Back To Top