Ini Tandanya Level Stres Anda Sudah Tinggi

tandanya-level-stres-anda-sudah-tinggi

Saat ini semua orang yang hidup di dunia yang bergerak serba cepat tentunya stres sudah dianggap sebagai bagian dari hidup sehari-hari. Tanpa disadari, sebenarnya stres yang kita alami sudah dalam tahap berbahaya. Biasanya kita baru menyadari diri ini sedang stres saat kita menjadi gampang marah, tidak sabaran, atau sakit kepala.

Stres tidak mungkin kita hindari, namun kita harus bisa mengendalikan agar tidak menjadi besar. Efek buruk stres bukan hanya dirasakan tubuh, tapi juga penurunan kestabilan emosi.

Tubuh sebenarnya sudah mencoba berkomunikasi dengan kita lewat tanda-tanda yang dirasakan tubuh. Berikut ini tandanya level stres Anda sudah tinggi

Emosi
Perubahan emosi yang cepat, seperti mudah tersulut emosi, tidak sabaran, dan gampang menangis, merupakan tanda kadar stres yang Anda alami sudah tinggi.

Tingkat libido juga bisa turun saat seseorang sedang stres. Selain itu, semakin tinggi level stres, tingkat kepercayaan diri juga ikut menurun.

Fisik
Saat Anda mengalami stres kronik, kadar hormon kortisol dalam peredaran darah menjadi tinggi. Efek jangka panjang, kortisol yang berlebihan ini akan merusak sistem imun. Akibatnya, Anda menjadi gampang sakit, seperti flu atau tidak enak badan.

Stres yang tidak terkontrol bisa juga mengggangu pola tidur. Insomnia merupakan gejala awal stres. Bila Anda sering dibantu pil tidur, mungkin ini saatnya untuk mengenali level stres Anda.
Sering sakit kepala, otot-otot di bahu tegang, dan nyeri, bisa menjadi tanda stres yang makin memburuk.

Gejala level stres Anda sudah tinggi lainnya adalah sulit menahan nafsu makan sehingga Anda ingin makan terus, atau justru kehilangan nafsu makan.

Cara mengurangi level stres Anda

Mengurangi level stres bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti tidak mengabaikan keluhan sakit tubuh, memperhatikan pola tidur dan pola makan. Berolahraga, berkumpul dengan teman dekat dengan tatap mata langsung tidak dengan cara online, melakukan kegiatan sosial bisa meredam stres Anda.

Berlibur memang menjadi salah satu cara, tapi seringkali kita baru mengambil jeda untuk berlibur setelah stresnya kelewat besar. Ubahlah cara pikir kita terhadap suatu hal, carilah perspektif lain dan ambil sisi positif dari sesuatu kejadian, serta segera tangani jika Anda mengalami tanda level stres Anda sudah tinggi . (Dailymail)
0 Komentar untuk "Ini Tandanya Level Stres Anda Sudah Tinggi"

Back To Top