Ini Penyebabnya Perasaan Galau yang Tak Terduga Tiba-tiba Muncul

penyebab-galau-yang-muncul-tiba-tib

Semua orang tentunya pernah mengalami perasaan sedih, kesepian, dan tak tenang, atau biasa disebut sebagai rasa galau, sering datang tanpa diduga. Terkadang, kegalauan itu tetap melanda batin meskipun sebenarnya kita baik-baik saja.

Rasa galau atau kegelisahan hati tersebut ternyata tidak hanya bersumber dari rasa kesepian atau patah hati. Banyak kebiasaan sehari-hari, misalnya pola makan atau aktif dengan sosial media, yang berkontribusi pada timbulnya perasaan galau.

Berikut ini beberapa penyebab rasa galau yang tak terduga tiba-tiba muncul, bagaimana mengatasinya:

1. Hidup di dunia virtual
Sejumlah penelitian mengungkapkan wanita yang menghabiskan waktu lama dengan gadgetnya (sampai 150 jam seminggu) merasa lebih depresi. Para ahli mengatakan, rasa depresi itu juga bisa timbul akibat berkurangnya waktu tidur karena kebanyakan "main gadget". Semua hal yang kita posting di media sosial sebenarnya berkaitan dengan perasaan hati kita.

Lebih baik perbanyak komunikasi tatap muka dengan orang lain. Cobalah untuk mengurangi waktu menggunakan gadget di luar waktu tidur. Optimalkan fungsi gadget Anda untuk hal yang lebih berguna seperti aplikasi mengenai kesehatan.

2. Terlalu keras bekerja
Menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja tanpa disadari menimbulkan stres dan depresi. Stres akan memompa hormon adrenalin dan kortisol sehingga Anda merasa lelah dan emosi. Selain itu, dampak stres dapat memicu perasaan sedih dan depresi.

Luangkan waktu untuk berlibur, menikmati waktu santai di rumah, melakukan hobi, atau mengabiskan waktu dengan teman dan keluarga, akan mengembalikan suasana hati.

3. Diet yang tidak sehat
Melakukan diet yang tidak sehat dan terlalu banyak berpantang makanan sebenarnya bisa membuat kita memiliki mood yang buruk. Otak mengandung 50 persen asam lemak tidak jenuh (omega 3), yang sangat penting bagi fungsi dan perkembangan otak.

Agar selalu sehat, tidak ada salahnya mengetahui sumber-sumber lemak yang baik untuk tubuh. kurangi konsumsi gula dan karbohidrat. Atau bagi Anda yang sedang diet, pilih cara diet yang sehat, seperti diet mediterania.

4. Kurang ikatan sosial
Salah satu resep hidup bahagia dan panjang umur adalah memiliki ikatan sosial yang kuat dari orang di sekitar. Ada baiknya memiliki agenda untuk bertemu dan berkomunikasi secara teratur dengan sahabat dan keluarga. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa rasa kesepian berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kadang rasa kesepian ini bahkan bisa timbul meski kita sedang berada di tengah banyak orang atau keluarga.

Tidak cukup memiliki sahabat yang baik untuk mengusir kesepian, tapi juga membuat hidup kita bermakna bagi orang lain. Cobalah mengikuti komunitas sosial atau membuat kegiatan yang dapat membantu dan bermanfaat bagi orang di sekitar kita.(kompas.com/Women Fitness Magazine)
0 Komentar untuk "Ini Penyebabnya Perasaan Galau yang Tak Terduga Tiba-tiba Muncul"

Back To Top