5 Macam Cek Kesehatan Penting Bagi Wanita Agar Panjang Usia!

cek-kesehatan-untuk-wanita

Meskipun hidup dan mati seseorang bukan wewenang kita, namun tentunya setiap dari kita menginginkan usia yang panjang. Salah satu caranya dengan selalu menjaga kesehatan.

Tidur yang cukup dan teratur, olahraga dan makan sehat tidak cukup untuk menjaga kesehatan. Anda sebagai wanita perlu melakukan beberapa cek kesehatan. Manfaatnya jika ada penyakit berbahaya dapat cepat diketahui dan diatasi.

Berikut ini, 5 macam cek kesehatan yang penting agar dapat memperpanjang usia wanita.

Tes kesehatan jantung

Data dari American Heart Association mengungkapkan bahwa kematian akibat serangan jantung hampir enam kali lebih besar dari jumlah perempuan yang meninggal akibat kanker payudara. Sebanyak 80% penyakit koroner bisa dicegah dengan melakukan gaya hidup yang tepat termasuk diet yang sehat dan meningkatkan aktivitas fisik

Cara terbaik untuk tahu kesehatan jantung Anda adalah dengan tes darah untuk mengetahui kadar Kolesterol total, kadar Kolesterol "baik" atau HDL, Kolesterol "buruk" atau LDL, dan trigliserida.

Jika Anda mengalami gejala detak jantung tidak normal, nyeri dada, atau sesak napas, segera lakukan tes echocardiogram, hal ini untuk mengetahui apakah aliran darah berkurang ke jantung Anda.

Pap Smear

Bagi Anda yang telah aktif secara seksual, sangat dianjurkan untuk melakukan tes pap smear. Tes ini bermanfaat untuk mendeteksi perubahan sel abnormal yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Sebaiknya tes Pap smear dilakukan setiap tahun, jika seorang wanita yang sehat telah memiliki tiga kali tes Pap smear berturut-turut, dia bisa melakukannya setiap dua sampai tiga tahun.

Mammogram

Bagi wanita yang berusia 40 atau lebih tua, harus melakukan mammogram (X-ray payudara) setiap satu atau dua tahun, Apalagi jika ada riwayat kanker payudara pada keluarga segeralah lakukan pemeriksaan mammogram. Kanker payudara bisa diobati jika dideteksi dini dengan mamogram.

Kolonoskopi

Pemeriksaan Kolonoskopi berfungsi untuk melihat dan memeriksa bagian dalam rektum dan seluruh kolon atau usus besar untuk mencari tanda-tanda kanker, polip, atau pertumbuhan kecil sel abnormal yang akhirnya dapat menjadi kanker. Biasanya, Anda diminta melakukan diet khusus sehari sebelum tes dan mengonsumsi pencahar. Anda juga mungkin perlu enema untuk membersihkan usus besar. Kanker usus besar dapat dicegah dan diobati jika diketahui lebih awal.

Sensitivitas kulit

Setiap wanita pada usia 18 harus mulai melakukan pemeriksaan kulit tahunan oleh dokter kulit, Pemeriksaan dilakuan dari atas sampai bawah mencari bintik-bintik cokelat atau merah yang tidak biasa. Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan segera konsultasikan ke dokter.

Melanoma menyumbang sekitar 4% dari kasus kanker kulit, dan menyebabkan sebagian besar kematian akibat kanker kulit. Deteksi dan pengobatan awal dapat menyelamatkan nyawa Anda.(womenhealth)
0 Komentar untuk "5 Macam Cek Kesehatan Penting Bagi Wanita Agar Panjang Usia!"

Back To Top