6 Cara Menghemat Biaya Pengobatan

cara-menghemat-biaya-pengobatan

Saat Anda sakit dan berobat ke rumah sakit, tentunya bukan hanya soal konsultasi ke dokter atau beli obat saja. Banyak proses pemeriksaan ksesehatan lain yang harus dilakukan untuk mendukung diagnosis dokter dan pastinya Anda harus merogoh kocek lebih dalam setiap prosedur yang dilakukan.

Meskipun sudah ada asuransi, ada beberapa beban biaya yang tidak tertanggung oleh asuransi. Nah, agar finansial Anda tidak terganggu, berikut ini beberapa cara untuk menghemat biaya pengobatan, diantaranya :

1. Pilih obat generik

Obat generik memiliki kandungan yang sama dengan beberapa obat dengan harga yang lebih mahal. Terkadang jumlah dosis dari obat generik memang tak setinggi obat dengan harga lebih mahal, namun hal ini bisa diakali dengan meminumnya dengan lebih teratur, istirahat cukup dan menghindari pantangan sakit dengan lebih disiplin. Selain itu pilih apotek yang menjual obat yang lebih murah dibanding tempat lainnya.

2. Percaya pada antibodi tubuh

Jauh sebelum ada teknologi kesehatan yang canggih dan dokter yang hebat, penyakit sudah ada. Penyakit itu akan sembuh sendiri berkat perlawanan dari sistem kekebalan tubuh kita. Percayalah, sistem kekebalan tubuh Anda dapat melawan penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun, makan makanan sehat setiap hari dan konsumsi buah yang akan memenuhi asupan vitamin dan mineral.

3. Manfaatkan teknologi informasi

Manfaatkan internet dalam hal kesehatan, meski tidak dapat secara akurat memberi diagnosis, setidaknya Anda akan lebih tahu dan perhatian dengan beberapa kondisi gangguan kesehatan dalam tubuh. Hal ini juga seringkali berguna untuk mengatasi keanehan yang tersebut.

Jika Anda memiliki gadget, Anda dapat optimalkan fungsi gadget Anda dengan aplikasi android untuk kesehatan. Sehingga Anda lebih mudah dalam memantau kesehatan Anda

4. Jangan Panik

Jangan panik dan terburu-buru pergi ke UGD akan membuat Anda harus rela menghabiskan banyak uang. Hindari UGD kecuali benar-benar darurat. UGD adalah tempat yang penuh dengan pasien sakit kritis atau cedera parah.

5. Berpikir kritis

Saat dokter menyarankan pemeriksaan tambahan, berpikirlah lebih kritis. Tanyakan alasan atau kebutuhan medis dari setiap tes laboratorium, obat-obatan, atau x-ray. Banyak pasien yang melakukan suatu tindakan yang biasanya tidak perlu dilakukan. Tanyakan baik-baik hal tersebut pada dokter. Selain menghemat uang dan tenaga, menghindari tes kesehatan yang tidak perlu juga akan mengurangi risiko mal praktik.

6. Membuat setiap hitungan kunjungan medis

Pilih dokter atau layanan kesehatan yang berkualitas, konsultasikan segala hal yang ingin Anda ketahui tentang penyakit yang Anda derita. Jika ada keluhan lain, pastikan Anda mendapatkan pemeriksaan atau obat-obatan yang perlu saja.
Tag : Tips Sehat
0 Komentar untuk "6 Cara Menghemat Biaya Pengobatan"

Back To Top