Sakit Tidak Datang Secara Tiba-tiba

sakit-tidak-datang-tiba-tiba

Suatu penyakit tidak akan datang secara tiba-tiba, tidak mungkin Anda mengalami stroke, serangan jantung, gula darah tinggi, hipertensi, atau keganasan penyakit tanpa ada penyebabnya. Penyakit terutama penyakit kronis yang menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia memiliki proses yang panjang sebelum menyerang kita.

Setiap penyakit pasti memiliki faktor penyebab awal, ada tanda, gejala, ada riwayat yang sudah berjalan sebelumnya, sampai suatu saat tiba-tiba seseorang mengalami serangan jantung, divonis menderita diabetes, hipertensi, atau menderita kanker yang ganas.

Contohnya, jika Anda setelah melakukan tes laboratorium didiagnosis menderita diabetes itu bukan berarti kadar gula darah Anda naik serta merta saat itu. Namun sebenarnya proses kenaikan itu sudah berjalan lama, bahkan banyak diagnosis diabetes ditegakkan pada mereka yang sebenarnya sudah bertahun-tahun mengidapnya.

Tanda bahwa seseorang mempunyai faktor resiko akan berkembangnya penyakit kronis sudah ada jauh sebelum diagnosis diabetes ditegakkan. Sayangnya faktor risiko ini juga sering tidak disadari, atau diabaikan. Bahkan, badan gemuk, perut besar masih dianggap sehat, apalagi gemuk pada seorang anak.

Dalam menegakkan diagnosis suatu penyakit, dibutuhkan pengenalan riwayat penyakit dahulu dan riwayat penyakit keluarga. Riwayat penyakit ini diperlukan untuk melihat kemungkinan kaitan penyakit yang diderita sekarang dengan riwayat penyakit sebelumnya. Informasi mengenai lingkungan, kebiasaan, pola makan, aktivitas fisik sebelumnya juga sangat penting untuk mencari penyebab seseorang menderita suatu penyakit.

Beberapa penelitian menunjukkan kenyataan bahwa aterosklerosis, penyumbatan pembuluh darah, yang kemudian berkembang menjadi serangan jantung atau stroke terjadi pada semua orang dewasa. Proses aterosklerosis ini sebenarnya sudah mulai terjadi pada usia 20 tahun, bahkan dapat lebih dini lagi, tergantung banyak faktor seperti faktor genetik, gaya hidup, pola makan, kebiasaan buruk seperti merokok, indeks massa tubuh, dan beberapa penyakit kronis lain juga menentukan.

Sakit itu tidak datang secara tiba-tiba. Hanya saja kita sering mengabaikan dan tidak menyadarinya. Lakukan gaya hidup sehat dan selalu cek kesehatan secara rutin.
0 Komentar untuk "Sakit Tidak Datang Secara Tiba-tiba"

Back To Top