8 Makanan Enak Untuk Jantung Sehat

makanan-enak-untuk-jantung-sehat

Memberikan yang terbaik bagi anggota keluarga merupakan kewajiban kita sebagai orangtua, termasuk menu makanan sehat bagi tubuh. Berikut ini makanan-makanan enak untuk anggota keluarga agar jantung tetap sehat.

Ikan Salmon
Ikan laut terutama salmon mengandung vitamin B6 dan B12 yang baik bagi jantung. Selain itu, pada ikan laut juga terdapat Omega-3 yang sangat bermanfaat menstabilkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Kita bisa mengolah ikan salmon ini dengan cara yang lebih sehat, yaitu dengan memanggang atau mengukusnya.

Sayuran Hijau

Kebanyakan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi memiliki manfaat baik untuk tubuh. Sayuran berwarna hijau mengandung zat besi, vitamin C, vitamin A, dan magnesium yang semuanya baik untuk jantung. Saat mengolah sayuran ini sebaiknya jangan memasak sayur terlalu matang agar kandungan nutrisi alaminya tetap terjaga.

Gandum

Gandum kaya akan serat dan dapat membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu, dengan mengonsumsi gandum, hormon serotonin akan meningkat sehingga membuat kita lebih bahagia. Selain itu setengah cangkir gandum sehari dipercaya akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang. Gandum adalah pilihan tepat untuk kita selain menjaga kesehatan jantung sekaligus menjaga bentuk tubuh tetap langsing.

Almond dan Kacang Merah

Kacang almond dan kacang merah mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium, zat besi, dan kalsium. Kandungan ini secara keseluruhan akan membuat jantung berada dalam mood yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Sedangkan kacang merah bisa diolah jadi sup yang lezat.

Buah Berry

Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tetapi blueberry, raspbery dan blackberry adalah pilihan terbaik. Buah dengan warna ungu, merah dan hitam ini kaya antioksidan dan vitamin C yang dipercaya mampu atasi stres. Ketiga buah ini juga rendah kalori yang sudah pasti baik bagi jantung. Untuk mengonsumsi buah ini tidak perlu diolah macam-macam.

Daging Tanpa Lemak

Daging biasanya bukan pilihan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun ternyata kita masih tetap bisa menikmati daging merah (sapi, kambing, domba) yang tidak ada lemaknya. Daging tanpa lemak ini termasuk makanan sehat untuk jantung karena kaya akan zat besi, zinc, vitamin B yang keseluruhan akan membuat Anda lebih tenang.
Tag : Dapur Sehat
0 Komentar untuk "8 Makanan Enak Untuk Jantung Sehat"

Back To Top