5 Makanan Ini Bisa Buat Anda Merasa Lelah Berlebihan

makanan-yang-bisa-membuat-merasa-lelah-berlebihan

Anda sering merasa lelah, lemas, tak bersemangat, dan mengantuk sepanjang waktu bahkan saat baru memulai aktifitas? Mungkin beberapa jenis makanan ini jadi penyebabnya.(Baca : 15 Kebiasaan Buruk Penyebab Tubuh Selalu Merasa Lelah)

Meski jenis makanan ini sehat namun tanpa Anda sadari bisa menyebabkan rasa lelah yang berlebihan jika dikomsumsi di saat yang tidak tepat. Berikut ini lima makanan yang bisa buat Anda merasa lelah dan enggan untuk beraktivitas.

1. Ceri
Buah berwarna merah menggoda ini kaya akan kandungan hormon melatonin yaitu hormon yang mengontrol siklus tidur. Terlalu banyak melatonin berakibat tubuh merasa mengantuk. Sebaiknya Anda tak mengonsumsi buah ceri, terutama di pagi hari dan menjelang siang.(Baca : Ini Bahayanya Jika Anda Terlalu Banyak Tidur!)

2. Roti
Karbohidrat menyebabkan kadar glukosa melonjak dengan cepat sehingga Anda mendapatkan sumber energi yang besar saat mengonsumsinya. Namun, lonjakan ini juga akan cepat menurun sehingga Anda akan mengalami penurunan energi yang besar sesaat setelahnya. Kondisi inilah yang membuat tubuh Anda terasa lelah dan mengantuk. Karbohidrat jenis ini biasanya terdapat dalam roti putih.

3. Cokelat hitam
Memang telah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat sehat dari cokelat hitam, tetapi makanan lezat yang satu ini juga menyimpan efek negatif buat tubuh jika dikonsumsi pada saat yang tak tepat. Selain mengandung kafein, cokelat ini juga mengandung serotonin. Ini adalah sebuah neurotransmitter yang membantu Anda menjadi lebih santai dan tenang. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi cokelat hitam di pagi atau di siang hari, karena ini akan membuat tubuh Anda enggan untuk bekerja.

4. Makanan Turki
Makanan Turki seperti kalkun, ikan, ayam, dan juga keju memiliki rendah lemak, tinggi triptofan, asam amino yang mampu meningkatkan kadar serotonin. Sama halnya dengan cokelat hitam, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini di pagi atau siang hari di mana Anda membutuhkan semangat tinggi buat bekerja.

5. Pisang
Meski banyak manfaat kesehatan yang didapat dari buah pisang, kandungan kalium dan magnesium dalam pisang dapat menyebabkan Anda mengantuk. Hal ini dikarenakan kandungan dalam pisang membantu mengendurkan otot-otot yang kencang dan dengan mudah mengirim sinyal ke tubuh untuk tidur. Pisang tidak tepat untuk Anda konsumsi saat Anda membutuhkan energi yang besar untuk beraktivitas. Sebagai pengganti pisang, Anda dapat memilih jeruk, karena aroma jeruk bisa membuat Anda lebih bersemangat.(sleep.org)
0 Komentar untuk "5 Makanan Ini Bisa Buat Anda Merasa Lelah Berlebihan"

Back To Top