Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin D


Vitamin D merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin E sering disebut juga dengan kalsifenol. Vitamin ini merupakan satu-satunya vitamin yang diproduksi dalam tubuh yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi yang disertai juga dengan kalsium.

Menurut Harvard School of Public Health, hampir satu miliar orang diseluruh dunia mengalami kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti osteoporosis dan bahkan kanker. Berikut ini, lima tanda dari tubuh saat Anda kekurangan vitamin D.

1. Keringat berlebih

Keringat yang berlebihan adalah salah satu tanda paling mencolok dari kekurangan vitamin D. Tidak hanya pada bayi, hal yang sama juga berlaku untuk orang dewasa. Saat Anda mengeluarkan keringat berlebih dengan aktivitas yang stabil, bisa jadi ini pertanda Anda kurang asupan vitamin D.

2. Sering kelelahan yang tak terduga

Kekurangan vitamin dapat membuat Anda merasa lelah, bahkan saat Anda telah mendapatkan istirahat yang cukup. Para peneliti Harvard menemukan hubungan antara asupan vitamin D dengan peningkatan kekuatan otot.

3. Osteoporosis atau tulang keropos

Kekurangan vitamin D dapat mempercepat dan memperburuk gejala osteoporosis. Osteoporosis merupakan kondisi di mana tulang mengalami penipisan dan pelemahan. Tidak hanya mendapatkan vitamin D dari makanan saja, namun Anda juga harus mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari pagi dan suplemen.

4. Nyeri pada tulang

Sakit dan nyeri pada tulang biasa juga disebut dengan istilah osteomalacia. Orang-orang yang didiagnosis dengan arthritis sebenarnya disebabkan juga oleh kurangnya vitamin D dalam tubuh. Akibatnya, sendi dan otot mereka akan terasa nyeri.

5. Depresi

Depresi ternyata dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Hal ini dikarenakan vitamin D dapat bekerja di daerah yang sama di otak dan berdampak pada hormon yang sama. Seperti pada hormon seratonin yang mempengaruhi suasana hati.

Jika Anda merasa mengalami gejala tanda kekurangan vitamin D tersebut diatas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
0 Komentar untuk "Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin D"

Back To Top