Apa Tandanya Ibu Hamil Mengandung Bayi Laki-laki?

tanda-mengandung-bayi-laki-laki

Ada kebanggaan tersendiri saat memiliki anak laki-laki bagi sebagian keluarga di Indonesia, bahkan di beberapa budaya tertentu, memiliki anak laki-laki menjadi kewajiban bagi pasangan suami-istri.

Untuk mengetahui jenis kelamin jabang bayi, dengan teknologi ultrasonografi (USG) tentunya sangatlah mudah. Namun, bagi para orangtua zaman dahulu, untuk mengetahui jenis kelamin bayi, mereka tidak memerlukan teknologi mutakhir, tetapi memprediksi dari tanda yang dialami oleh sang calon ibu.

Berikut enam tanda seorang wanita mengandung bayi laki-laki :

1. Sakit kepala

Kebanyakan ibu hamil akan mengalami morning sickness pada trisemester pertama masa kehamilannya. Jika tidak mengalami morning sickness tetapi lebih merasa sakit kepala, tidak perlu cemas karena hal tersebut memang mungkin saja terjadi dan dapat diartikan bahwa ibu hamil mengandung anak laki-laki.

2. Urine berwarna kuning cerah

Saat buang air kecil, coba perhatikan warna air seni. Hal kecil yang sering diabaikan kebanyakan orang seperti warna urin ini ternyata dapat mengidentifiksikan jenis kelamin bayi. Jika warna urin ibu hamil cenderung kuning cerah, berarti mengandung anak laki-laki.

3. Kebiasaan ngidam

Sebagian orang percaya mitos yang mengatakan bahwa jika ibu hamil ngidam dan tidak dituruti maka akan melahirkan anak yang suka ngiler. Secara medis tentunya hal itu tidak benar, kebiasaan ngidam tidak lain karena pengaruh hormon yang membuat ibu hamil ingin memiliki atau mengonsumsi sesuatu.

Jika saat kehamilan merasa cenderung ingin mengonsumsi makanan yang asam dan asin, dapat diartikan bahwa sedang mengandung anak laki-laki.

4. Detak jantung bayi kurang dari 150 detik per menit

Ketika menempelkan tangan diatas perut ibu hamil, pastinya denyut jantung bayi akan terasa. Cobalah untuk menghitung jumlah denyut jantung bayi dalam kandungan selama satu menit. Jika hasilnya dibawah 150 per menit, berarti mengandung anak laki-laki.

5. Ukuran Payudara

Saat kehamilan, tentunya ukuran payudara dan pinggang juga akan semakin besar. Ukuran payudara yang berbeda memang sering terjadi pada siapa saja namun jika ukuran payudara kanan lebih besar dari payudara kiri, hal tersebut dapat diartikan bahwa bayi yang di kandung berjenis kelamin laki-laki.

6. Cincin kawin bergerak memutar di atas perut

Meski hal ini agak tidak masuk akal, orangtua zaman dulu untuk mengetahui jenis kelamin dalam kandungan ada juga yang menggunakan cara menggantungkan cincin kawin di atas perut ibu hamil. Jika cincin yang digantungkan bergerak berputar ini tandanya bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki

Tanda-tanda mengandung bayi laki-laki di atas memang memerlukan penelitian lebih mendalam dan hanya sebagai perkiraan yang dilakukan orangtua zaman dulu. Untuk mengetahui tanda mengandung bayi laki-laki yang lebih akurat, bantuan teknologi yaitu USG tetap diperlukan.(kompas.com)
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Apa Tandanya Ibu Hamil Mengandung Bayi Laki-laki?"

Back To Top