Anda Ingin Selalu Bahagia? Lakukan 5 Kegiatan Ini


Setiap orang tentu memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang kebahagiaan. Melakukan hobi, bertemu dengan sahabat, hingga menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang tercinta merupakan beberapa kegiatan yang dapat membuat seseorang bahagia.

Bahagia bagi setiap orang dapat bertahan lama atau malah menghilang dengan sangat cepat. Lalu bagaimana sebenarnya caranya agar kita selalu merasa bahagia? Berikut ini ada beberapa kegiatan yang sudah teruji secara ilmiah mampu memperbaiki kualitas hidup Anda dan membuat Anda selalu bahagia (Baca : 20 Jenis Makanan Pembangkit Rasa Bahagia).

1. Meditasi 

Banyak penelitian telah dilakukan untuk membuktikan manfaat meditasi dalam kehidupan seseorang. Hasilnya, studi-studi tersebut menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi perasaan depresi dan kecemasan.

2. Menikmati keindahan alam

Sebuah studi menemukan bahwa sekelompok siswa yang menghabiskan dua malam di tengah hutan memiliki kadar kortisol yang lebih rendah di dalam tubuh mereka ketimbang para siswa yang menghabiskan dua malam di kota. Kortisol adalah hormon yang sering digunakan sebagai penanda stres (Baca : Ini Dia Manfaat Berolahraga di Ruang Terbuka!).

3. Melakukan kegiatan budaya

Studi yang dilakukan oleh HUNT menganalisis kecemasan, depresi, dan kepuasan hidup sekitar 50.000 orang dewasa di Norwegia. Hasilnya, orang-orang yang berpartisipasi dalam kegiatan budaya, seperti menonton teater atau bergabung dalam sebuah klub budaya dilaporkan memiliki kadar kecemasan dan depresi yang rendah. Mereka juga memiliki kepuasan yang lebih tinggi terhadap keseluruhan kualitas hidup.

4. Memberikan sumbangan bagi sesama 

Sebuah studi memberikan sebuah amplop berisi uang kepada 46 orang partisipan. Separuh dari jumlah partisipan diminta menggunakan uang itu untuk diri sendiri dan separuh lainnya diminta mengdonasikan atau menghadiahkan uang itu kepada orang lain (Baca : 5 Fakta Kebaikan, Membuat Anda Semakin Bahagia).

Para partisipan dicatat tingkat kebahagiaannya sebelum menerima amplop dan menggunakan uang. Para partisipan yang menyumbangkan atau menghadiahkan uang di dalam amplop untuk orang lain dilaporkan memiliki kebahagiaan yang lebih besar ketimbang mereka yang menghabiskan uang untuk diri sendiri.

5. Melakukan kegiatan sukarela 

Dalam ulasan tentang 40 studi yang telah dilakukan dalam dua tahun terakhir, para peneliti menemukan bahwa melakukan kegiatan sukarela adalah aktivitas yang amat penting untuk meningkatkan kesehatan psikologis. Para pekerja sukarela ternyata memiliki risiko depresi yang rendah, tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi, dan bahkan risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit fisik akibat tekanan mental.(www.yourtango.com)
Tag : Inspirasi
Back To Top