10 Pemicu Utama Sakit Kepala yang Sebaiknya Anda Tahu

pemicu-sakit-kepala

Setiap orang tentunya pernah merasakan sakit kepala, namun penyebab sakit kepala mungkin tidak akan sama antara orang yang satu dengan yang lainnya karena ada banyak hal yang dapat menyebabkan ini terjadi. Beberapa orang menemukan bahwa keadaan lelah atau menyantap makanan tertentu akan menimbulkan atau memperburuk sakit kepala.

Oleh karena itu untuk memperkecil kemungkinan sakit kepala di kemudian hari, mengetahui pemicunya dapat membantu Anda mencegah sakit kepala. Berikut 10 pemicu utama sakit kepala yang sebaiknya Anda tahu

1. Stres
Banyak orang menyalahkan stres sebagai penyebab serangan nyeri ini. Penyebabnya adalah hormon yang tengah aktif untuk melawan stres tiba-tiba turun, yang kemudian memicu saluran darah membesar dan bereaksi, kemudian memicu sakit kepala. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan ketegangan di area leher, bahu, dan otot kepala. Hal ini lebih lanjut mempengaruhi postur dan makin parah jika penderita dalam posisi duduk di depan komputer terlalu lama dan jarang melakukan pekerjaan fisik. Sering memicing saat membaca juga dapat menimbulkan ketegangan otot kepala. Cegah hal ini terjadi dengan menemukan cara mengontrol stres, misalnya dengan rileksasi seperti latihan pernapasan atau yoga.
6 Jenis Minuman Alami Untuk Meredam Stres

2. Cuaca
Cuaca menjadi pemicu utama muncul sakit kepala. Walaupun tak setiap jenis cuaca menimbulkan sakit kepala, namun ketika cuaca berubah panas, perubahan tingkat kelembaban dan tekanan udara dapat mengubah zat kimiawi dalam otak, yang kemudian memicu sakit kepala. Memang tak mungkin mengubah cuaca, namun kita mungkin mempersiapkan diri terhadap serangan sakit kepala dengan selalu membawa obat pereda rasa sakit.

3. Hormon
Jika Anda seorang wanita, maka Anda sudah tak asing akan hormon yang dapat memicu sakit kepala, terutama hormon yang muncul pada masa menstruasi. Hal ini dapat disebabkan oleh  turunnya tingkat estrogen saat menstruasi, dan memicu sakit kepala.
Anda tak dapat mengubah siklus menstruasi tanpa konsultasi dokter, namun jika sakit kepala amat parah, mereka bisa memberikan obat yang dapat membantu kondisi ini.
Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

4. Diet
Diet berperan penting dalam kesehatan dan keberadaan Anda secara keseluruhan, dan bisa jadi faktor penting yang memicu sakit kepala. Beberapa makanan dipercaya sebagai pemicu: keju (terutama keju yang lembut), cokelat, buah-buahan asam, daging diawetkan, kacang-kacangan, panganan asin dan makanan dengan msg.
5 Jenis Diet yang Sebaiknya Anda Hindari

5. Minum
Mengkonsumsi terlalu banyak minuman tertentu seperti teh, kopi atau alkohol dapat memicu hadirnya sakit kepala. Batasi asupan teh dan kopi dalam satu hari, dan sertai dengan air putih. Dehidrasi merupakan salah satu sebab timbulnya sakit kepala.
6 Fakta Pentingnya Minum Air Putih Tiap Hari

6. Terlambat makan
Terlambat makan membuat tingkat gula darah menurun, yang kemudian mendorong sakit kepala. Banyak makan gula juga dapat memicu serangan sakit kepala. Penyebabnya adalah peningkatan gula darah secara cepat. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membuat Anda terhindar dari sakit kepala.

7. Kurang tidur
Kurang tidur juga memicu sakit kepala. Ikuti pola tidur yang berimbang: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan.
Ini Bahayanya Jika Anda Terlalu Banyak Tidur!

8. Terlalu banyak berolah raga
Olahraga baik untuk kesehatan, namun jika terlalu memaksa dan berlebihan akan memicu sakit kepala. Olahraga meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan leher, yang menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga memicu sakit kepala. Berolahragalah secara berimbang, sekitar tiga sampai lima kali seminggu, untuk dapat membantu menghilangkan stres dan mencegah sakit kepala.

9. Postur malas
Postur badan yang malas-malasan, menekuk akan meningkatkan tekanan di punggung dan leher dapat menjadi penyebab utama sakit kepala akibat ketegangan. Hindari posisi tubuh yang sama dalam waktu lama dan berlatihlah duduk dengan tegak dan punggung yang lurus.

10. Menggesekkan gigi
Sakit kepala pada beberapa orang dapat disebabkan oleh kebiasaan menggesekan gigi di malam hari. Untungnya dokter gigi telah menciptakan alat pelindung gigi yang mencegah gigi bergesekan saat tidur.

Jika Anda tak yakin apa yang memicu sakit kepala, cobalah membuat catatan yang merekam keadaan cuaca, konsumsi makanan dan minuman, dan aktifitas oleh raga apa yang sedang Anda lakukan di kisaran waktu sakit kepala menyerang. Lakukan terus untuk melihat apakah Anda bisa mengidentifikasi polanya. Setelah mengetahui apa yang memicu sakit kepala, Anda dapat menghindari penyebab-penyebab tersebut.(www.panadol.com)
Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "10 Pemicu Utama Sakit Kepala yang Sebaiknya Anda Tahu"

Back To Top