Cara Ampuh Mengendalikan Emosi yang Memuncak

cara-mengendalikan-emosi
Saat emosi memuncak maka segala sifat buruk yang ada dalam diri kita akan sulit dikendalikan dan akan mudah melampiaskan kemarahannya pada benda, binatang, orang lain atau apapun yang bisa sasaran kemarahan di sekitarnya.

4 Hal yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan Saat Marah
Cara Terbaik Menghadapi Pasangan Yang Sedang Marah

Efek menyimpan emosi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan. Saat emosi memuncak, berikut ini beberapa cara ampuh mengendalikan emosi yang memuncak yang sebaiknya Anda lakukan agar terhindar dari tindakan yang merugikan bagi Anda sendiri dan orang lain

1. Tarik napas dalam-dalam

Saat Anda marah, beban jantung menjadi lebih berat. Tariklah napas dalam-dalam, karena itu mampu meredahkan sejenak emosi Anda

2. Diam

Lebih baik diam saat kondisi marah agar tidak memperburuk situasi dan menyakiti perasaan orang lain. Jika berbicara dalam rasa marah, Anda mungkin akan menemukan bahwa orang-orang akan menanggapi dengan rasa marah juga. Namun bila bisa menjaga untuk tetap diam, maka rasa emosi akan meninggalkan Anda.

3. Pergi ke tempat yang nyaman

Jika sedang marah alihkan perhatian anda pada sesuatu yang anda sukai dan lupakan segala yang terjadi. Tempat yang sunyi dan asri seperti taman, pantai, kebun, ruang santai, dan lain sebagainya mungkin tempat yang cocok bagi anda. Jika emosi agak memuncak, rekreasi untuk penyegaran diri sangat dibutuhkan.

4. Lakukan kesibukan yang disukai

Untuk melupakan kejadian atau sesuatu yang membuat emosi kemarahan kita memuncak kita butuh sesuatu yang mengalihkan amarah dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dapat membuat kita lupa akan masalah yang dihadapi. Contoh seperti mendengarkan musik, bernyanyi, bermain alat musik, membaca buku, chating, menulis artikel, nonton film box office, berwisata, dan lain sebagainya.

5. Cuek

Ketika rasa marah menyelimuti diri dan kita sadar sedang diliputi amarah maka bersikaplah masa bodoh dengan kemarahan anda. Ubah rasa marah menjadi sesuatu yang tidak penting.

Tips Cara Mudah Mengendalikan Suasana Hati

6. Belajar bertoleransi

Walaupun orang lain sering memberi kesan buruk, Anda tidak akan pernah tau apa yang telah terjadi padanya. Sama seperti orang lain atau mungkin diri anda sendiri yang sering terpancing emosi karena ukuran masalah dari hal sepele hingga besar. Belajarlah bertoleransi menghadapi orang-orang yang menyebalkan terutama yang memancing amarah anda.

7. Jangan simpan amarah
Sifat dendam dan dengki akan membuat anda terus memegang kebencian dan amarah. Hal ini akan lebih sakit karena hati anda yang terkecam dengan amarah yang terus menerus. Ketika anda harus berkomunikasi dengan orang-orang yang memang labil dan tidak dapat mengontrol emosinya, anda lebih baik memaafkan dan merelakannya.

8. Curhat

Menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada diri kita mungkin dapat sedikit banyak membantu mengurangi beban yang ada di hati. Curhat adalah ajang yang sangat penting, namun anda lebih baik curhat ke orang yang tepat, yang akan dapat memberi solusi terbaik.

Tipe Orang Yang Anda Butuhkan Dalam Hidup

9. Berpikir rasional

Sebelum marah kepada orang lain cobalah anda memikirkan dulu apakah dengan masalah tersebut anda layak marah pada suatu tingkat kemarahan. Masalah sepele jangan dibesar-besarkan dan masalah yang besar jangan disepelekan.

10. Mencari penyebab dan solusinya

Saat Anda mulai tenang, cobalah untuk mencari sumber permasalahan dan cari solusinya dengan cara terbaik. Untuk memudahkan tulis daftar masalah yang anda hadapi dan apa saja kira-kira jalan keluar atau solusi masalah tersebut. Pilih jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Mungkin itu semua akan secara signifikan mengurangi beban pikiran anda.

11. Tersenyum

Saat Anda sedang terlibat konflik dengan seseorang, tersenyum dapat membantu meredakannya. Senyum yang tulus dapat meredakan emosi orang lain. Tersenyum adalah cara menawarkan niat baik kepada orang lain dan meredakan banyak situasi negatif.
Tag : Rileks
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Mengendalikan Emosi yang Memuncak"

Back To Top