7 Cara Agar Anda Lebih Rileks saat Bekerja

Bagi Anda khususnya pekerja kantoran, mendapatkan suasana rileks adalah suatu kebutuhan. Menghadapi pekerjaan yang bertubi-tubi setiap harinya tidak jarang akan membuat Anda merasa stres dan hal ini jelas tidak baik bagi tubuh Anda. Selain itu bekerja dalam situasi yang kaku dan penuh tekanan lambat laun akan menimbulkan dampak bagi kesehatan.

Mendapatkan suasana rileks sebenarnya dapat dilakukan kapan dan di mana saja, termasuk di kantor dengan setumpuk pekerjaan. Bagaimana caranya menyulap suasana kaku dan tertekan menjadi lebih rileks? Berikut beberapa cara yang membuat Anda lebih rileks saat bekerja di kantor

1. Istirahat sejenak
Ketika Anda merasa darah Anda mengalir begitu cepat dan kepala Anda mulai berdenyut maka hal tersebut merupakan pertanda untuk beristirahat. Berikan diri Anda waktu untuk rehat sejenak dari kesibukan Anda. Setting ponsel atau gadget Anda dalam silent mode untuk beberapa menit dan beritahukan pada orang yang menunggu Anda untuk menunggu beberapa saat lagi. Setelah Anda beristirahat sejenak, Anda bisa menghadapi kembali panggilan dan orang lain yang membutuhkan Anda.

2. Cari tempat yang tenang
Anda perlu menetralisir lingkungan sekitar Anda dengan mencari tempat yang tenang. Jika Anda memiliki ruangan, tutuplah pintunya dan berikan sticky notes bertuliskan ‘jangan diganggu.’ Jika Anda bekerja di ruang terbuka, carilah ruang meeting ataupun pergi keluar sejenak.

3. Tutup mata Anda dan bernafaslah perlahan
Dengarkan dan rasakan nafas Anda. Tarik dan buanglah nafas secara perlahan. Jika Anda melakukan yoga, Anda bisa mencoba melatihnya. Fokus pada nafas Anda sampai merasa tenang.

4. Lakukan stretching ringan
Ketika Anda mulai merasa bagian tubuh Anda kaku, Anda bisa melakukan stretching ringan. Sekedar menggelengkan kepala dan menarik badan bisa membuat Anda lebih nyaman.

5. Mendengarkan musik
Hampir sepertiga dari orang yang mendengarkan musik bertujuan untuk memberikan dorongan suasana hati yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan hampir satu dari empat orang mengatakan, bahwa dengan mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja telah membantu mereka menghilangkan stres.

6. Pikirkan hal yang menyenangkan
Pikirkan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup Anda. Keinginan Anda untuk berwisata ke tempat-tempat menarik bersama keluarga, waktu menyenangkan Anda saat bersama orang terdekat dan sebagainya. Biarkan memori menyenangkan tersebut memenuhi diri Anda hingga Anda bersemangat kembali.

7. Tersenyumlah
Setelah Anda memikirkan hal yang menyenangkan, tutuplah dengan senyuman. Tersenyum secara tidak langsung memberikan efek yang menyenangkan bagi orang yang melakukan dan menerima. Anda pun sudah berada dalam kondisi yang rileks dan bersemangat sehingga siap untuk menghadapi hari Anda kembali.
Tag : Karir, Rileks
0 Komentar untuk "7 Cara Agar Anda Lebih Rileks saat Bekerja"

Back To Top