8 Macam Tes Kesehatan Wajib untuk Orang Kota

tes-kesehatan-bagi-orang-kota
Bukan bermaksud mendiskriminasi standar kesehatan masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan yang di pedesaan, namun faktanya masyarakat di perkotaan lebih rentan terkena penyakit daripada yang tinggal di pedesaan.

Kualitas lingkungan yang buruk dan gaya hidup masyarakat perkotaan yang seringkali tidak sehat seperti mengonsumsi makanan cepat saji, alkohol, merokok serta pemicu lainnya dianggap lebih cenderung berisiko terpapar virus atau penyakit tertentu.

Jangan Selalu Merasa Sehat, Waspadai 8 Penyakit Mematikan Tanpa Gejala Ini!

Oleh karena itu lakukan tindakana pencegahan sejak dini sebelum penyakit berbahaya menyerang Anda. Hal ini dapat dimulai dengan menjalani cek kesehatan yang bisa dilakukan di beberapa fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau laboratorium klinik. Tes kesehatan atau medical check-up sangat direkomendasikan oleh para dokter agar bisa mendeteksi gejala penyakit sejak dini terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Berikut ini beberapa macam cek kesehatan wajib untuk orang kota yang perlu Anda tahu :

Kolesterol
Bagi orang dewasa yang telah berusia 20 tahun atau lebih seharusnya menjalani tes kesehatan dengan puasa untuk mengetahui kadar kolesterol, termasuk kadar LDL jahat dan baik, serta kadar trigliserid setiap lima tahun sekali.

Mengapa Perlu Puasa Sebelum Melakukan Tes Darah?
Mengenal Perbedaan HDL, LDL, & Trigliserida

Diabetes
Kebanyakan jenis makanan dan minuman yang banyak dijual di pusat jajanan dan perbelanjaan mengandung kadar gula sangat tinggi. Oleh karena itu masyarakat perkotaan berisiko lebih tinggi menderita diabetes. Menjalani tes kesehatan dengan puasa gula darah setiap tiga tahun sekali sejak usia 40 tahun sangat dianjurkan, apalagi bagi mereka yang punya riwayat mengidap diabetes di dalam keluarganya.

Lakukan Cek Gula Darah Berkala Bila Memiliki Faktor Risiko Ini!

Osteoporosis
The National Osteoporosis Foundation menyarankan para wanita yang telah mengalami menopause, semua wanita yang berusia lebih dari 65 tahun, juga semua wanita menopause berumur 50 tahun yang mempunyai faktor risiko atau tidak, termasuk pernah mengalami patah tulang setelah usia 40 tahun, memiliki kebiasaan merokok, dan mempunyai berat kurang dari normal untuk menjalani tes kesehatan.

Bahaya Rokok bagi Wanita
Penyakit Berbahaya yang Paling Sering Diderita Wanita

Kanker Payudara
Idealnya para wanita sudah mulai rutin memeriksa sendiri kesehatan organ payudaranya sejak usia 20 tahunan, paling tidak setiap bulan. American Cancer Society (ACS) pun menyarankan bagi para wanita usia 20 sampai 30 tahun untuk membiasakan diri menjalani tes mammogram, paling tidak setiap tiga tahun sekali. Untuk wanita usia 40 tahun ke atas dianjurkan memeriksakan diri setiap tahun demi mencegah kanker payudara sejak dini.

Kenali Faktor Risiko Penyebab Kanker Payudara
8 Penyebab Nyeri pada Payudara yang Tidak Perlu Dikhawatirkan

Kanker Prostat
Mulai usia 45 tahun, semua pria yang mempunyai harapan hidup paling tidak 10 tahun, sebaiknya melakukan tes darah PSA dan digital rectal exam setiap tahunnya. Para pria atau suami yang secara genetik atau keluarga dekatnya pernah menderita kanker prostat juga harus melakukan tes, bahkan pada usia lebih dini, yakni 40 tahun.

Cara Praktis Kenali Gejala Kanker pada Pria
6 Gangguan Kesehatan yang Sering Diremehkan para Pria

Kanker usus
American Cancer Society (ACS) menyarankan semua pria dan perempuan mulai usia 50 tahun untuk melakukan lima tes kesehatan berikut, yakni FOBT (fecal occul blood test) setiap tahun, lalu Flexible Sigmoidoscopy setiap 5 tahun sekali, serta Double-contrast barium enema setiap lima tahun sekali. Untuk semua hasil yang positif harus diikuti dengan colonoscopy. Penderita yang mempunyai faktor risiko harus memulai tes lebih dini dan lebih sering.

Kanker Leher Rahim (Serviks)
Wanita segala usia yang aktif atau pernah melakukan aktivitas seksual direkomendasikan untuk menjalani pemeriksaan pap smear. Tes wajib dilakukan rutin setiap tahun hingga mencapai tiga kali tes berturut-turut atau lebih sampai kemudian dinyatakan normal oleh dokter. Bahkan, khusus wanita yang sudah mengalami menopause pun tetap perlu menjalani pap tes secara teratur.

Kebiasaan Buruk yang Bisa Memicu Kanker Serviks
Kenali Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya

Kanker Kulit
American Cancer Society (ACS) juga menganjurkan setiap orang untuk melakukan tes kesehatan, termasuk pengetesan kulit setiap 3 tahun untuk mereka yang berusia 20 sampai 40 tahun, dan setiap tahun untuk mereka yang berumur 40 tahun atau lebih. Selain itu, penting untuk mengecek kulit sendiri kira-kira sebulan sekali. Bercak pada kulit yang berubah, baik ukuran, bentuk atau warnanya, harus segera dikonsultasikan kepada dokter.

4 Tanda dari Kulit yang Memberitahu Kesehatan Tubuh Anda Tidak Normal

Jangan tunggu penyakit datang, segera lakukan tes kesehatan wajib bagi Anda yang tinggal di perkotaan tersebut demi mendeteksi gejala penyakit sejak dini. Semakin cepat terdeteksi, tentu semakin besar kesempatan untuk sembuh. (Sumber: Tabloid Nova)
0 Komentar untuk "8 Macam Tes Kesehatan Wajib untuk Orang Kota"

Back To Top