Sekilas Mengenai Infertilitas

infertilitas
Sebagian besar masyarakat tentu mengenal apa itu infertilitas, namun masih banyak dari kita yang menganggapnya sebagai sebuah aib.

Menurut dunia medis infertilitas merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pasangan yang belum mempunyai anak walaupun sudah berhubungan intim secara teratur tanpa alat kontrasepsi dalam kurun waktu satu tahun.

Secara medis infertilitas terbagi dalam 2 jenis, yaitu infertilitas primer dan infertilitas sekunder.

  • Infertilitas primer adalah infertilitas yang terjadi pada wanita yang memang belum pernah hamil.
  • Sedangkan infertilitas sekunder terjadi pada wanita yang sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya.

Ada sedikit pandangan yang harus dirubah mengenai infertilitas khususnya bagi sebagian orang tua yang masih menyalahkan pihak wanita sebagai penyebab ketidakmampuan pasangan memiliki keturunan. Padahal infertilitas tidak selalu disebabkan oleh ketidaksuburan pihak wanita saja melainkan juga ketidaksuburan pada pria. Jadi saat kita membahas mengenai apa penyebab infertilitas, kita harus membahas sistem reproduksi keduanya baik dari pihak istri maupun suami.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan pihak istri, diantaranya yaitu adanya sumbatan pada saluran telur atau rahim yang bisa jadi disebabkan oleh infeksi atau pun adanya tumor. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui pasti penyebab sumbatan ini. Penyebab lainnya bisa karena terganggunya keseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga menyebabkan sel telur gagal matang atau kegagalan ovulasi.
Terkait : Hal yang Menyebabkan Wanita Susah Hamil

Dari pihak suami juga banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ketidaksuburan, diantaranya yaitu kesulitan ereksi (impotensi), kualitas sperma yang buruk, pola hidup, pengaruh konsumsi obat-obatan, cedera, penyakit, usia dan status gizi.
Terkait : Alasan yang Mengharuskan Pria Periksa Sperma

Bahkan beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan suami, disebabkan oleh kebiasaan pria yang kadang dianggap sepele seperti memakai celana yang terlalu ketat. Saat memakai celana yang ketat akan meningkatkan suhu di sekitar buah zakar yang bisa menurunkan jumlah dan kualitas sperma suami. Ini sama halnya dengan berendam air panas, jacuzzi atau pun sauna.
Terkait : 9 Kebiasan yang Menyebabkan Pria Mandul

Tekanan mental yang besar dari lingkungan sekitar seperti dari keluarga dan masyarakat sering membuat banyak pasangan suami istri frustrasi dan berujung pada rasa putus asa ketika segala usaha belum membuahkan hasil. Jangan pernah menyerah dalam kondisi apapun karena kehamilan adalah 100% kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Tetaplah berusaha dan berdoa.
0 Komentar untuk "Sekilas Mengenai Infertilitas"

Back To Top