Agar Badan Tidak Melar Sehabis Lebaran

agar-badan-tidak-melar-sehabis-lebaran
Saat bersilaturahmi lebaran ke rumah sanak saudara, biasanya menu yang kerap disajikan kebanyakan bukan menu yang sehat, cenderung bersantan, berlemak, dan manis-manis. Jika kita tidak bisa mengontrolnya, tentunya berat badan bisa naik dan beberapa penyakit biasanya muncul setelah lebaran.

Tips Tetap Sehat di Hari Lebaran
Pentingnya Check Up Kesehatan Setelah Lebaran

Agar badan tidak melar sehabis lebaran, berikut ini beberap tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

1. Atur lauk yang dikonsumsi

Anda tetap harus makan namun perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi dan selektif memilih makanan. Misalnya Anda makan opor ayam, tapi kuahnya tidak usah ikut dimakan. Makanan bersantan, apalagi ditambah gorengan misalnya ada kerupuk atau keripik harus dihindari atau kurangi jumlahnya.

2. Kurangi minuman manis

Minuman manis seperti es buah atau sirup merupakan sajian minuman wajib saat bertandang ke rumah sanak saudara. Untuk itu batasi minuman manis dan perbanyak minum air putih. Kalau mau minum manis usahakan satu macam saja, karena bila terlalu banyak berbahaya apalagi yang memiliki riwayat diabetes atau kolesterol.

7 Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Minum Air
6 Fakta Pentingnya Minum Air Putih Tiap Hari

3. Batasi kue kering

Kandungan kalori dalam satu kue kering bisa sampai 50 kalori. Batas maksimal konsumsi kue kering cukup 3 sampai 4 saja, Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, makannya cukup satu atau dua saja, karena kue kering itu mengandung kolesterol yang tinggi.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

Batasi makanan manis, berlemak, dan bersantan, namun perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Dengan dialihkan ke banyak makan sayur dan buah, maka perut kita kenyang dan menurunkan nafsu untuk makan yang lainnya.

5. Jangan lupa olahraga

Saat Anda sibuk merayakan lebaran, minimal sempatkan jalan kaki selama 30 menit sehari. Anda bisa menjadikan momen tidak ada pembantu rumah tangga menjadi ajang bersih-bersih rumah sekaligus berolahraga.

Semoga tips agar badan tidak melar sehabis lebaran bermanfaat bagi Anda. Salam sehat.(detikhealth.com)


Tag : Diet, Info Sehat
0 Komentar untuk "Agar Badan Tidak Melar Sehabis Lebaran"

Back To Top