Tak Perlu Gengsi Makan Jengkol, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

manfaat-jengkol-bagi-kesehatan
Banyak dari kita tidak tahu manfaat jengkol bagi kesehatan. Bagi kebanyakan masyarakat, jengkol merupakan makanan yang dihindari dan dianggap sebelah mata. Namun dibalik bau yang khas dan menyengat, jengkol ternyata terkandung banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan.

Meski aroma khas jengkol kadang membuat seseorang menjadi tidak betah terutama pada bau mulut dan air seni. Berikut ini manfat jengkol bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

1. Pembentukan Jaringan Tubuh
Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.

2. Mencegah Anemia
Jengkol juga kaya akan zat besi yang sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Bila tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang. Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang. Akibatnya jika seseorang mengalami kekurangan zat besi, ia akan terlihat lemas, mudah lelah, dan tidak bersemangat. Bagi para wanita mengonsumsi jengkol saat sedang menstruasi sangat dianjurkan agar tubuh anda tidak kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar tubuh.

3. Mencegah tulang keropos
Kandungan zat lain yang ada di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor yang yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuh anda menjadi lebih kuat.

4. Mengurangi efek radikal bebas
Jengkol mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan yang berperan untuk menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

5. Memperlancar metabolisme tubuh
Agar sehat, proses metobolisme yang lancar merupakan hal yang penting bagi tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi pada jengkol dapat melancarkan BAB sehingga metabolisme tubuh dapat berjalan lancar.

6. Mencegah diabetes
Jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita penyakit ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

7. Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah
Penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol ternyata dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali.

8. Mengatasi sembelit pada ibu hamil
Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit. Kandungan serat pada jengkol dapat mengatasi masalah sembelit. Dengan kata lain, serat pada jengkol membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar. Selain itu jengkol juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan.

9. Menstabilkan fungsi organ-organ penting dalam tubuh
Organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Salah satu jenis makanan yang kaya akan asam folat adalah jengkol.

10. Aman bagi penderita diabetes
Zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes. Zat gula yang mudah terurai pada jengkol ini kemudian akan diubah menjadi energi oleh tubuh sehingga stamina tubuh pun akan meningkat. Proses penguraian zat gula yang sempurna tidak akan menimbulkan timbunan gula darah di dalam tubuh.

Semoga informasi seputar manfaat jengkol bagi kesehatan ini bermanfaat untuk Anda. Selalu jaga kesehatan tubuh dengan gaya hidup sehat, cukup asupan nutrisi dan berolahraga secara teratur.(manfaat.co.id)
Tag : Dapur Sehat
0 Komentar untuk "Tak Perlu Gengsi Makan Jengkol, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan"

Back To Top