Mengenal Sindrom ACA atau Sindrom Darah Kental

sindrom-aca-atau-sindrom-darah-kental
Fungsi darah dalam tubuh manusia sangat vital, berfungsi sebagai alat yang mengirimkan oksigen dan nutrisi pada pada seluruh jaringan tubuh.

Jika darah yang ada di dalam tubuh mengental, maka semua aliran oksigen dan nutrisi dalam tubuh akan terganggu. Efeknya dapat menyebabkan gangguan pada fungsi utama ginjal, penyumbatan paru-paru, migren, serangan jantung, serangan stroke, dan bagi ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya keguguran janin.

Definisi sindrom ACA

ACA (Anticardiolipin Antibody) merupakan suatu protein dalam darah yang membuat tubuh membentuk reaksi kekebalan hingga terjadi APS (Antiphospholid Syndrome). ACA merupakan penyakit yang menyebabkan darah menjadi kental atau sering juga disebut sindrom darah kental. Dalam kasus ini, terdapat suatu protein darah yang menyebabkan darah menjadi lebih kental dan cepat beku. Sindrom ini tidak mengenal jenis kelamin dan umur, bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Gejala sindrom ACA

Gejala dari sindrom ACA antara lain sakit kepala, pusing, migrain, pegal-pegal di daerah leher atau tengkuk, tangan sering kesemutan, pandangan berkunang-kunang, pandangan kabur, daya ingat menurun, sesak nafas, telinga sering mendengung sampai tuli mendadak. Selain itu naiknya tekanan darah tanpa sebab yang jelas, diduga juga sebagai salah satu gejala sindrom ini.

Penyebab sindrom ACA

Penyebab dari sindrom ACA belum dapat diketahui dengan pasti, dugaan sementara menyebutkan bahwa antifosfolipid antibodi menurunkan kadar annexin V yaitu salah satu jenis protein yang berikatan dengan fosfolipid dan memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

Keturunan atau genetik merupakan salah satu faktor yang diduga sebagai penyebab sindrom ini. Selain itu, ada banyak dugaan diantaranya alergi obat-obatan, kanker, dan infeksi virus atau bakteri.

Cara mendeteksi

Cara akurat untuk mendeteksi sindrom ACA adalah dengan melakukan tes darah di rumah sakit atau laboratorium klinik. Melalui tes darah akan diketahui kadar IgG dan IgM penderita.

Bahaya sindrom ACA

Bila darah yang mengalir dalam tubuh kental tentunya akan sulit dialirkan keseluruh tubuh, akibatnya sirkulasi darah berjalan tidak lancar. Akibatnya, seseorang yang menderita sindrom ACA akan mengalami penurunan daya ingat, penyakit jantung, stroke, sampai kematian di usia dewasa muda atau sebelum 40 tahun.

Bagi ibu hamil, sindrom ini dapat menjadi penyebab janin meninggal dalam kandungan, keguguran berulang kali, dan bayi yang lahir meninggal.
0 Komentar untuk "Mengenal Sindrom ACA atau Sindrom Darah Kental"

Back To Top