Cara Mudah dan Hemat untuk Sehat

cara-mudah-dan-murah-untuk-sehat
Sebagian besar orang berpikir kesehatan merupakan sesuatu yang berkaitan erat dengan biaya yang mahal. Bahan makanan sehat yang bebas pestisida umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada yang biasa. Tak hanya itu, pemeriksaan kesehatan juga memakan biaya yang tidak sedikit.
Terkait : Tips Agar Panjang Umur dan Sehat

Meskipun demikian, sebenarnya banyak cara mudah dan hemat untuk memelihara tubuh yang sehat,  yang dapat dilakukan. Berikut caranya :

1. Minum lebih banyak air
Air merupakan elemen penting untuk menjaga kesehatan karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Saat beraktivitas, tubuh akan kehilangan banyak air, sehingga tubuh pun perlu penggantinya untuk menjaga bentuk dan fungsi tubuh tetap baik. Selain mudah didapat dan murah, minum air putih yang cukup membuat Anda tetap sehat.
Terkait : 7 Gangguan Kesehatan Akibat Kurang Minum Air

2. Menanam tanaman sendiri
Banyak orang menganggap menjadi vegetarian merupakan pilihan gaya hidup yang mahal. Faktanya, daging umumnya dijual lebih mahal daripada sayur mayur. Oleh karena itu Anda bisa memilih menjadi vegatarian untuk beberapa hari selama seminggu. Untuk lebih menghemat pengeluaran dalam membeli sayuran, Anda bisa menanam sayur sendiri. Selain lebih yakin sehat, sayur yang ditanam sendiri akan menekan anggaran dana belanja bulanan.
Terkait : Membuat Tubuh Langsing dan Sehat dengan Diet Mediterania

3. Cukup tidur
Bila Anda kurang tidur kondisi tubuh tidak akan optimal usahakan untuk tidur sehat sesuai dengan usia. Bahkan bila Anda tidak obesitas atau tidak merokok sekalipun, kurang tidur akan mengurangi fungsi tubuh. Dari sisi otak, kurang tidur akan berdampak pada penurunan fungsi kognitif dan mood. Selain itu pada tubuh, kurang tidur berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi atau hipertensi, serangan stroke dan diabetes melitus.
Terkait : 10 Manfaat Positif Tidur Telanjang Bagi Kesehatan

4. Peluk orang yang disayangi
Memeluk orang yang kita sayangi mungkin terdengar sepele. Namun ternyata, memeluk dan dipeluk oleh orang yang disayangi akan mengubah reaksi kimia di tubuh. Hormon oksitoksin yang dikeluarkan selama berhubungan seksual dan melahirkan juga akan meningkat saat memeluk atau dipeluk. Saat hormon ini dikeluarkan di aliran darah, tekanan darah dan kadar stres pun akan menurun.
Terkait : Tips Agar Langgeng dan Bergairah

Itulah beberapa cara yang mudah dan hemat untuk sehat yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu.
0 Komentar untuk "Cara Mudah dan Hemat untuk Sehat"

Back To Top