8 Penyebab Nyeri pada Payudara yang Tidak Perlu Dikhawatirkan

penyebab-nyeri-pada-payudara
Payudara adalah bagian tubuh yang bermakna dalam bagi wanita. Bagi wanita payudara adalah sumber kebanggaan, kesenangan, bahkan kehidupan. Oleh karena itu payudara merupakan salah satu organ tubuh wanita yang harus diperhatikan kesehatannya.

Saat rasa nyeri pada bagian payudara tentunya tidak hanya membuat kenyamanan terganggu, tetapi juga bisa menimbulkan ketakutan bagi para wanita. Tapi jangan langsung merasa khawatir dulu bila payudara Anda terasa nyeri. Hal itu tidak selalu berkaitan dengan kanker payudara (Baca : Penyakit Berbahaya yang Paling Sering Diderita Wanita)

Berikut ini beberapa penyebabnya nyeri pada payudara yang tak perlu dikhawatirkan oleh Anda :

Menstruasi
Jangan khawatir jika saat menstruasi payudara Anda terasa nyeri, hal ini merupakan sesuatu yang normal. Ketika wanita sedang menstruasi, biasanya emosi yang tidak stabil, nafsu makan meningkat, dan payudara yang terasa lebih sensitif dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen menyebabkan payudara biasanya akan lebih mudah sakit.

Kehamilan
Saat awal kehamilan biasanya payudara akan menjadi sensitif atau membengkak disebabkan oleh pertambahan hormon. Nyeri pada payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan air susu. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan.

Menopause
Saat memasuki tahap menopause tubuh wanita akan mengalami fluktuasi kadar hormon. Produksi hormon estrogen dan progesteron akan berkurang sehingga tubuh membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Hal ini yang menyebabkan pembengkakan payudara dan rasa nyeri atau disebut sebagai Mastalgia. Biasanya wanita yang menopause akan mengalami hingga beberapa tahun (Baca : 10 Masalah Kesehatan yang Rentan Menyerang Para Lansia)

Olahraga berlebihan
Olahraga memang bagus untuk kesehatan tubuh, namun jika berlebihan seperti terlalu banyak melakukan sit up, push up, atau mengangkat beban dapat menyebabkan nyeri payudara. Meskipun payudara yang terasa sakit, namun sebenarnya rasa nyeri itu berasal dari otot di bawah jaringan payudara. Ketika terlalu banyak latihan, otot akan mengencang dan menyebabkan rasa sakit pada payudara.

Memakai bra yang tidak sesuai
Sering saat memilih bra, banyak wanita tidak sadar menggunakan bra yang kurang tepat dengan bentuk atau ukuran payudaranya. Kadang-kadang menggunakan bra yang terlalu kecil atau pun terlalu besar. Jika bra terlalu kecil dan ketat akan membuat payudara tertekan dan hal ini membuat nyeri. Demikian juga bila Anda menggunakan bra yang terlalu longgar dan tidak bisa menyokong payudara. Ini akan membuat payudara bergerak bebas dan menyebabkan rasa sakit. Hal inilah yang menyebabkan payudara terasa sakit ketika Anda menggunakan bra yang keliru terlalu lama.

Jaringan payudara tertentu
Ada beberapa wanita yang memiliki payudara yang memiliki benjolan biasanya disebut jaringan payudara fibrosistik. Wanita yang memiliki jenis jaringan payudara akan merasakan nyeri pada payudara mereka saat menstruasi. Menurut National Breast Cancer Foundation, jaringan payudara membentuk benjolan yang disebut kista berisi cairan. Hal ini tidak selalu berhubungan dengan kanker payudara, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit dan lebih sensitif terhadap payudara ketika perubahan hormonal terjadi.

Terlalu banyak konsumsi kafein
Meskipun kopi dan teh tidak menimbulkan rasa sakit pada payudara, tetapi studi telah mengungkapkan bahwa terlalu banyak kafein seperti yang terdapat pada kopi dan teh dapat memengaruhi ketidaknyamanan pada payudara, terutama wanita yang memiliki jaringan payudara fibrokistik. Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi terlalu banyak kopi dan payudara terasa sakit, ada kemungkinan hal ini penyebabnya.

Efek samping obat
Nyeri pada payudara Anda juga bisa disebabkan oleh efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan. Beberapa obat memiliki dampak buruk pada produksi hormone estrogen dalam tubuh Anda. Padahal hormon ini penting untuk fungsi payudara agar tetap baik. Jika merasa nyeri pada payudara, cobalah cek obat-obatan yang sedang Anda minum saat itu apakah memiliki efek samping.

Itulah penyebab nyeri pada payudara yang tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika rasa nyeri pada payudara tidak kunjung hilang dan semakin parah, Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena bisa jadi itu adalah kista yang menyebabkan payudara terasa sakit. Bahayanya lagi, kista juga bisa berkembang menjadi kanker, maka harus diobati sesegera mungkin. Jangan sampai diabaikan kesehatan payudara Anda.
0 Komentar untuk "8 Penyebab Nyeri pada Payudara yang Tidak Perlu Dikhawatirkan"

Back To Top