13 Tanda di Wajah Sebagai Indikasi Anda Mengalami Gangguan Kesehatan

tanda-di-wajah-sebagai-indikasi-gangguan-kesehatan
Berapa kali Anda bercermin dalam sehari? Ada baiknya saat bercermin, Anda tidak hanya berias atau melihat apakah sudah rapi atau belum. Perhatikan juga perubahan pada wajah Anda dengan seksama. Wajah bukan saja menjadi refleksi kecantikan atau ketampanan seseorang. Tapi juga bisa memberitahu kondisi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa hal yang bisa kita amati, saat melihat wajah kita di cermin, apakah ada perubahan, atau sesuatu yang aneh? Sebab beberapa tanda di wajah bisa menjadi tanda awal Anda mengalami gangguan kesehatan yang serius.

Kelopak mata terkulai
Salah satu penyebab dari terkulainya kelopak mata adalah stres dan ketegangan pada mata. Namun gejala kanker paru-paru juga bisa ditandai dengan terkulainya mata. Hal ini terjadi karena benjolan kanker di rongga dada dapat memberikan tekanan pada saraf yang mempengaruhi mata. Selain kelopak mata terkulai, kanker paru-paru juga ditandai dengan penurunan berat badan, sakit di dada, serta batuk.

Mata merah
Mata merah bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita kelelahan. Untuk mengatasinya Anda hanya perlu beristirahat. Kemerahan juga bisa terjadi saat Anda demam atau alergi. Jika sakit parah di salah satu sisi mata, bisa jadi Anda mengalami glaukoma, yang menyebabkan tekanan pada mata. Jika hal ini terjadi, Anda harus segera mengunjungi dokter.
Terkait : Tips Perawatan Mata untuk Pengguna Kacamata

Pipi bengkak
Kebanyakan mengonsumsi karbohidrat saat makan malam bisa menyebabkan bengkak pada pipi yang ringan. Namun, bengkak yang parah bisa jadi karena Anda kekurangan hormon tiroksin. Bengkak juga bisa menunjukkan kondisi seperti gejala sinusitis atau konjungtivitis.

Jerawat
Jerawat di usia dewasa, bisa berarti Anda memiliki sindrom polikistik ovarium (PCOS), suatu kondisi hormonal yang mempengaruhi sekitar 18 persen wanita. Penderita biasanya memiliki kista di sekitar tepi indung telur mereka, dan gejalanya termasuk menstruasi yang tidak teratur, berat badan, pertumbuhan rambut yang berlebihan dan munculnya jerawat.
Terkait : Mengenal Penyakit Kista Ovarium

Perubahan warna
Kulit wajah yang berwarna pucat adalah kemungkinan gejala anemia. Sementara kulit yang berwarna kuning kemungkinan adalah tanda penyakit kuning atau penyakit hati. Dan bibir yang berwarna kebiruan adalah tanda dari penyakit jantung atau paru-paru.

Mata bengkak
Kantung mata bagian bawah yang membengkak, biasanya menandakan ginjal yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ginjal menjaga Anda tetap sehat dengan membuang limbah dan cairan dari tubuh serta melepaskan hormon, untuk mengatur tekanan darah dan membuat sel-sel darah merah. Jika ginjal tidak dapat melakukan hal ini dengan benar, maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, anemia, tulang lemah dan kerusakan syaraf. Gejala lain yang harus diwaspadai termasuk kelelahan, kurang nafsu makan, insomnia, kram otot pada malam hari, kaki bengkak, kulit kering dan buang air kecil lebih sering.
Terkait : 3 Fungsi Utama Ginjal yang Membuat Anda Tetap Sehat

Hidung merah
Hidung merah bisa menjadi tanda bahwa Anda terlalu banyak minum minuman beralkohol. Alkohol melebarkan pembuluh darah kecil, yang mengarah ke penumpukan darah di dekat permukaan hidung dan membuatnya tampak merah. Kemerahan pada hidung, juga bisa diakibatkan oleh kondisi lupus autoimun, yang menyebabkan kelelahan dan nyeri sendi serta ruam yang biasanya muncul di batang hidung. Tekanan darah tinggi, dalam beberapa kasus menyebabkan kemerahan pada kulit tipis di wajah, termasuk hidung.

Wajah asimetri
Bentuk wajah yang asimetri bukan dari lahir adalah salah satu tanda awal dari stroke. Perubahan ini ditandai dengan mati rasa pada satu sisi wajah yang menyebabkan kesulitan untuk tersenyum atau berbicara.
Terkait : Waspadai Wajah Asimetris Akibat Bell's Palsy

Kulit kering
Serbuk sari, polusi, tungau debu, bulu hewan, sabun, faktor hormonal dan makanan tertentu semua bisa memicu terjadinya kulit kering, dan masalah kulit lainnya.

Cincin di sekitar iris mata
Tumpukan lemak di sekitar mata, bisa berarti Anda memiliki kolesterol tinggi, suatu kondisi yang harus Anda cermati dan segera cek ke dokter. Penyakit tiroid, kelebihan garam dalam tubuh, penyakit diabetes dan hati juga ditandai dengan kelebihan lemak di bagian cincin mata.
Terkait : Lakukan Cek Gula Darah Berkala Bila Memiliki Faktor Risiko Ini!

Gusi bengkak
Penyakit gusi, atau periodontitis terjadi ketika gigi tidak dibersihkan dengan baik. Gusi bengkak, merah atau berdarah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan faktor risiko stroke akibat penumpukan plak dalam aliran darah.

Bibir pecah-pecah
Bibir pecah-pecah adalah tanda Anda mengalami kekurangan vitamin terutama zat besi. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk memproduksi sel-sel darah merah, dan jika kekurangan dapat menyebabkan anemia. Untuk mengatasinya lakukan diet seimbang dan konsumsi suplemen zat besi.

Rambut rapuh
Stres bisa mengakibatkan rambut rapuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology pada tahun 2001, menemukan bahwa stres psikologis memainkan peran penting dalam gangguan kulit dan rambut. Kondisi gizi buruk, gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia, juga sering menyebabkan kerapuhan rambut.

Bila Anda menemukan tanda di wajah yang bisa menjadi tanda awal gangguan organ tubuh yang serius sperti di atas, segeralah konsultasi ke dokter. Selamat bercermin dan semoga bermanfaat!. (pic : www.blogcdn.com)

1 Komentar untuk "13 Tanda di Wajah Sebagai Indikasi Anda Mengalami Gangguan Kesehatan"

tapi klo kurang tidur saya mengelami hal seperti di atas itu kenapa ya?

Back To Top