11 Cara Agar Terhindar dari Stres dan Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

terhindar-dari-stres-dan-penyakit-jantung
Bisakah stres berpengaruh buruk pada jantung Anda? Beberapa bukti menunjukkan bahwa jawabannya adalah ya, stres merupakan hal yang buruk bagi kesehatan jantung Anda.

Beberapa studi yang menunjukkan bahwa stres merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung selain hipertensi, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga.

Agar Anda bisa terhindar dari stres dan membuat jantung Anda tetap sehat, berikut adalah 11 langkah yang dapat dilakukan seperti yang dilansir dari health.com

Relaksasi 
Mengurangi stres dengan latihan seperti yoga, meditasi, dan tai chi telah terbukti menurunkan hormon stres dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian, orang yang berlatih yoga secara teratur mengalami penurunan dalam beberapa respon inflamasi tubuh mereka. Peradangan yang muncul sebagai penyebab utama dalam penyakit jantung bisa diredam dengan melakukan relaksasi.

Berkumpul dengan teman 
Menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan teman Anda tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan mental Anda, tetapi kesehatan jantung Anda juga. Karena dengan bersosialisasi, kemungkinan stres Anda akan berkurang. Namun, pastikan Anda berhubungan dengan teman sejati, karena dengan teman sejati Anda lebih lepas saling bertukar pikiran atau bercerita mengenai masalah Anda (Baca : Tipe Orang Yang Anda Butuhkan Dalam Hidup).

Lupakan kesempurnaan
Kepribadian yang terus menerus berjuang untuk kesempurnaan tampaknya lebih rentan terhadap penyakit jantung. Karena orang yang selalu ingin sempurna mudah stres dan depresi bila keinginan atau harapannya tidak tercapai.

Jangan menyimpan dendam
Menyimpan perasaan dendam tidak baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang mengalami stres psikologis, detak jantung yang lebih tinggi ketika mereka menyimpan dendam daripada ketika mereka memberikan pengampunan. Lebih baik cepat memaafkan, hal ini juga cenderung mengarah pada hubungan sosial yang lebih baik dan membuat jantung Anda lebih sehat.

Tertawa
Agar anda terhindar dari stres dan jatung Anda tetap sehat, tertawalah karena dengan tertawa dapat membantu menekan hormon stres yang merusak kesehatan Anda dan jantung. Penelitian menemukan bahwa semakin banyak Anda tertawa, semakin banyak kalori yang Anda gunakan dan semakin keras jantung Anda bekerja (Baca : 9 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh).

Jangan minum terlalu banyak alkohol
Terlalu banyak minuman beralkohol dapat meningkatkan trigliserida dan tekanan darah dan bahkan menyebabkan gagal jantung. Meskipun beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minuman beralkohol dapat menangkal penyakit jantung, tidak berarti Anda harus mengonsumsinya, masih ada cara lain yang lebih baik.

Kurangi kafein
Kafein memang dapat meningkatkan konsentrasi dan respon Anda dengan cepat. Namun jika berlebihan akan mengakibatkan hipertensi dan peningkatan hormon stres yang berkontribusi terhadap peradangan. Kurangi kebiasaan minuman berkafein dan minuman bersoda. Studi awal telah menghubungkan minuman bersoda berpengaruh terhadap peningkatan risiko diabetes melitus yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

Batasi keterlibatan emosional
Sebaiknya hindari terlalu emosional dalam menghadapi beberapa hal yang tidak penting. Karena hal ini akan membuat kecemasan dan depresi pada Anda. Tak perlu terlalu memikirkan hal-hal kecil yang tidak berguna dan menguras energi tubuh Anda (Baca :10 Keajaiban Positive Thinking).

Makan yang benar
Kurangai konsumsi daging dan makanan olahan atau instan, perbanyak makan buah dan sayuran, unggas, ikan, dan kacang-kacangan. Makanan ini tidak hanya menjaga berat badan seimbang tetapi juga memberi efek yang bagus pada fungsi jantung dan membuat gula darah Anda stabil sepanjang hari. Makan sehat dapat membantu mencegah atau menunda diabetes, faktor risiko utama untuk masalah jantung.

Cukup Tidur
Kualitas tidur merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Tidur yang sehat bisa membuat Anda merasa lebih bertenaga dan membuat suasana hati menjadi lebih baik sehingga terhindar dari stres. Saat Anda beristirahat, tubuh memang tidak bekerja keras untuk memompa banyak darah, sehingga sistem di dalam tubuh jadi melambat, sehingga otot jantung dan sistem sirkulasi darah punya waktu untuk rileks dan memperbaiki diri (Baca : Kebutuhan Tidur yang Sehat sesuai Usia)

Olahraga
Olahraga dapat membantu Anda merasa lebih baik, menurunkan risiko diabetes, dan membuat jantung Anda lebih kuat. Olahraga juga dapat membantu menghilangkan depresi. Coba latihan aerobik seperti berlari, berjalan, berenang, dan bahkan menari. Penelitian telah menunjukkan manfaat dari aktivitas fisik, bahkan pekerjaan rumah tangga yang aktif atau berkebun.

Mudah bukan untuk terhindar dari stres dan menjaga jantung Anda tetap sehat?. Semoga bemanfaat.

0 Komentar untuk "11 Cara Agar Terhindar dari Stres dan Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat"

Back To Top