9 Fakta Menarik Tentang Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu

fakta-menarik-tentang-kesehatan
Kesehatan merupakan hal utama yang dibutuhkan setiap manusia. Karena dengan kesehatan, manusia bisa menikmati hidup sepenuhnya. Banyak ahli kesehatan yang menganjurkan untuk melakukan hal-hal yang bisa membantu Anda untuk selalu sehat.

Jangan Selalu Merasa Sehat, Waspadai 8 Penyakit Mematikan Tanpa Gejala Ini!
8 Macam Tes Kesehatan Wajib untuk Orang Kota

Kesehatan sendiri sebenarnya menyimpan beberapa rahasia yang mengejutkan. Dilansir dari healthmeup.com, berikut ini beberapa fakta menarik tentang kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Rata-rata setiap orang menghirup 20 kg debu seumur hidup

Seumur hiudp, setiap orang rata-rata pernah menghirup 20 kg debu. Selain itu, paru-paru Anda adalah satu-satunya organ tubuh yang bisa mengapung di air karena mengandung 300 juta alveoli atau gelembung seperti balon.
Terkait : Racun Berbahaya di Sekitar Kita

2. Setiap jantung berdetak, pria menghasilkan 1500 sperma

Bagi pria yang normal dan subur, rata-rata akan menghasilkan 1500 sperma setiap kali jantungnya berdetak. Sperma yang keluar saat ejakulasi pun berkisar 280 sampai 500 juta.
Terkait : Ciri-ciri Sperma yang Sehat dan Berkualitas

3. Air liur sebanyak 2 kolam renang besar dihasilkan setiap orang

Seumur hidupnya, rata-rata setiap orang menghasilkan air liur sebanyak 2 kolam renang besar. Tak hanya itu, jumlah makanan yang dikonsumsi manusia adalah sebanyak 27 ton seumur hidupnya.

4. Lalat memuntahkan makanan sebelum memakannya

Sebenarnya lalat tidak bisa mengonsumsi makanan padat. Mereka akan memuntahkan kembali makanan yang mereka gigit dan mengubahnya hingga berubah menjadi bentuk cair. Kemudian mereka akan mengisapnya dalam bentuk cairan. Mungkin fakta ini akan membuat Anda memikirkan kembali untuk mengonsumsi makanan yang telah dihinggapi lalat.
Terkait : Makanan Sehat Penangkal Flu Saat Musim Hujan

5. Mulut Anda merupakan sumber bakteri 

Fakta menarik lainnya yaitu lebih dari 6 juta bakteri yang hidup dalam mulut. Sisa makanan, ludah, serta keadaan yang lembab menjadi rumah yang ideal bagi bakteri. Bakteri sendiri mampu berkembang biak menjadi jutaan hanya dalam waktu 5 jam. Itulah kenapa Anda harus rajin membersihkan mulut dan gigi Anda.
Terkait : 5 Macam Bakteri yang Hidup di Vagina

6. Jenggot adalah tempat tinggal favorit bagi bakteri

Bagi Anda yang memelihara jenggot, sebaiknya jaga kebersihannya dengan teratur. Sebab jenggot juga menjadi tempat tinggal favorit bagi bakteri. Bahkan jika Anda berkeringat, maka jenggot Anda akan berbau mirip dengan ketiak Anda.

7. Membenturkan kepala ternyata juga membakar kalori

Semua aktivitas fisik yang Anda lakukan membakar kalori. Termasuk pula membenturkan kepala atau menggoyang-goyangkan kepala mengikuti irama musik. Jika Anda melakukannya dalam waktu 1 jam, maka Anda sudah membakar 150 kalori.

8. Batuk dan bersin menyebarkan kuman

Saat Anda bersin, kecepatannya bisa mencapai 166 km/jam. Sedangkan saat Anda batuk, maka kekuatan hempasan batuk Anda adalah 100 km/jam. Ini berarti bahwa jika Anda tidak menutup mulut saat batuk atau menutup hidung saat bersin, maka Anda berperan besar dalam menyebarkan kuman.
Terkait : 4 Macam Media Penularan Penyakit Infeksi

9. Manusia rata-rata melakukan 2.580 kali hubungan seks

Bagi mereka yang sudah berpasangan, beberapa penelitian menemukan bahwa setidaknya manusia pernah melakukan 2.580 kali hubungan seks semasa hidupnya. Fakta menarik lainnya, ternyata manusia dan lumba-lumba merupakan makhluk hidup yang berhubungan seks untuk kesenangan.

Itulah fakta menarik tentang kesehatan manusia yang sebaiknya Anda tahu. Semoga menambah wawasan Anda mengenai kesehatan.(merdeka.com)

Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "9 Fakta Menarik Tentang Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu"

Back To Top