5 Tips Unik Mengatasi Rasa Kantuk Setelah Makan Siang

tips-mengatasi-rasa-kantuk-setelah-makan-siang
Tidak sedikit orang yang jika sudah masuk jam makan siang, mata rasanya sudah terasa berat dan ingin tidur. Apalagi jika kekenyangan makan siang. Mau kembali kerja atau beraktivitas lagi pun terasa berat. Tentunya kita harus berusaha sekuat tenaga untuk menahan rasa kantuk apalagi kalau masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di siang hari.

Berikut ini ada sejumlah tips unik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa kantuk di siang hari seperti yang dilansir dari shape.com. Tidak susah dan gampang dilakukan oleh Anda.

Kenakan parfum lemon
Peneliti menemukan bahwa orang yang mencium aroma lemon, kadar norepinephrine yaitu hormon yang berfungsi untuk membuat kita terjaga, meningkatkan energi dan konsentrasi akan meningkat. Mood pun bisa meningkat saat kita mencium aroma jeruk lemon ini. Agar tidak mengantuk semprotkan parfum beraroma lemon atau jeruk di siang hari.

Keluar sebentar dan dapatkan sinar matahari
Russel J. Reiter, ketua penulis sebuah penelitian yang meneliti peran sinar matahari pada kesehatan manusia menjelaskan bahwa penting sekali bagi orang-orang yang bekerja di dalam ruangan untuk pergi ke luar ruangan secara rutin. Mendapatkan paparan sinar matahari akan memberikan dampak besar pada ritme melatonin dan bisa meningkatkan suasana hati, energi, dan kualitas tidur. Bila Anda mengantuk cobalah keluar ruangan sebentar untuk mendapatkan sinar matahari.
Terkait : Manfaatnya Kerja Sambil Berdiri

Lihat sesuatu yang berwarna merah
Menurut para peneliti, warna terang bisa mengaktifkan rasa awas untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan keterjagaan dan energi kita. Para peserta dalam sebuah penelitian yang melihat instruksi bertinta merah memiliki reaksi yang lebih cepat dan energik. Hanya saja, jangan sampai berlebihan. Para peneliti juga menyampaikan bahwa warna merah bisa membuat orang merasa tertekan kalau digunakan berlebihan.

Meditasi
Meditasi adalah aktivitas yang bisa membuat kita lebih rileks. Saat rileks dan tenang itu akan membuat kita mampu mengembalikan energi mental untuk lebih fokus dan berenergi. Penelitian pun memperlihatkan bahwa meditasi bisa meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan memori seseorang. Atau bagi Anda yang muslim bisa melakukan ibadah sholat dzuhur sehingga pikiran menjadi lebih tenang.
Terkait : 9 Cara Menghilangkan Stress di Kantor

Kunyah permen karet
Berdasar penelitian ternyata mengunyah permen karet bisa meningkatkan energi tubuh kita. Peserta penelitian yang mengunyah permen karet melaporkan bahwa mereka memiliki mood yang lebih baik dan tingkat awas yang lebih tinggi. Ketika diberi banyak pekerjaan berat dalam lingkungan yang penuh tekanan, orang yang mengunyah permen karet bisa fokus lebih lama dan lebih cekatan dibandingkan orang yang tidak mengunyah permen karet. Tapi permen karet yang dikunyah sebaiknya yang bebas gula agar Anda terhindar dari penyakit lainnya.

Ada banyak cara dan tips yang untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari. Tinggal Anda mau mencoba trik yang mana. Selamat beraktivitas!. (vemale.com)
Tag : Karir
0 Komentar untuk "5 Tips Unik Mengatasi Rasa Kantuk Setelah Makan Siang"

Back To Top