5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kehamilan

persiapan-sebelum-kehamilan
Kehamilan merupakan moment paling membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri apa lagi untuk kehamilan pertama. Hamil bukan sekadar proses mengandung janin selama sembilan bulan, namun juga proses awal dari perkembangan seorang manusia. Untuk itu, diperlukan persiapan khusus untuk kehamilan.
Terkait : Mengenal Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi (SIDS)

Agar kehamilan hingga proses kelahiran berjalan lancar, wanita harus memiliki persiapan yang cukup matang. Perhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kehamilan berikut ini, agar kondisi ibu hamil benar-benar siap memulai masa kehamilan, dan bayi di dalam kandungan juga sehat.

Berat badan

Pastikan bahwa berat badan selalu dalam kondisi yang ideal. Sebelum pra-kehamilan dan saat awal kehamilan, ibu hamil diharuskan untuk menjaga berat badan. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi kandungan dan kesehatan janin di masa kehamilan. Pada trimester pertama, janin dalam kandungan membutuhkan kalori yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Sebisa mungkin bagi ibu hamil diharuskan untuk memenuhi nutrisi dengan baik.
Terkait : Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Hentikan memelihara binatang

Sebaiknya di masa kehamilan, ibu hamil menghindari kontak langsung dengan binatang peliharaan seperti kucing. Karena ini berisiko besar terjangkitnya penyakit toxoplasma yang berasal dari parasit pada binatang berdarah hangat seperti kucing. Toxoplasma juga bisa menginfeksi janin di dalam kandungan jadi sebaiknya saat sedang hamil.
Terkait : Anda Hamil?Waspadai Bahaya Infeksi TORCH pada Janin

Hindari kafein dan rokok

Selama masa kehamilan ibu hamil harus lebih memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi terlalu banyak kafein bisa berpengaruh terhadap berkurangnya tingkat kesuburan seseorang. Kafein tidak hanya ada dalam kandungan kopi juga terdapat dalam teh, bagi Anda penggemar kopi atau teh sebaiknya selama kehamilan batasi mengonsumsinya. Selain itu merokok juga jadi salah satu hal yang wajib dihindari selama kehamilan. Menjadi perokok yang pasif juga bisa merusak kognitif untuk anak di dalam kandungan.
Terkait : Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

Menjaga kesehatan gigi

Hal yang ini juga wajib untuk dilakukan selama kehamilan yakni, menjaga kebersihan mulut dan gigi. Pasalnya kondisi kesehatan mulut dan gigi yang tidak terawat bisa mengakibatkan infeksi bakteri pada gigi. Hal ini juga bisa mengakibatkan kelahiran prematur dan tingginya tekanan darah pada ibu hamil. Ketika Anda merencanakan kehamilan, sebaiknya rutin konsultasi ke dokter gigi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.
Terkait : Penyebab Janin Meninggal dalam Kandungan

Asupan asam folat

Asam folat berguna untuk perkembangan janin dan otak bayi dalam kandungan. Sayuran seperti bayam, asparagus, hingga kentang banyak mengandung asam folat. Sejak dini persiapkan diri terlebih dahulu untuk rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat. Asam folat juga berguna mengurangi resiko bayi yang lahir cacat.
Terkait : Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kehamilan, semoga menambah pengetahuan Anda.
Tag : Ibu Hamil
2 Komentar untuk "5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kehamilan"

Sangat bagus artikelnya ... sangat membantu, senang rasanya ditemukan dg blog ini -- terus berkarya dan terus menulis ya salam sukses

Sama-sama mbak, terima kasih sudah berkunjung

Back To Top