10 Manfaat Positif Tidur Telanjang Bagi Kesehatan

manfaat-tidur-telanjang-bagi-kesehatan
Jangan keburu berpikiran negatif ketika mendengar saran untuk tidur malam tanpa busana atau telanjang. Tidak seharusnya selalu di konotasikan dengan pornografi, hal yang jorok atau negatif. Demikian juga telanjang juga tidak selalu ada kaitannya dengan aktivitas seks dengan pasangan Anda.

Sejumlah studi dan survei menunjukkan bahwa tidur telanjang sebenarnya banyak memberikan manfaat positif bagi kesehatan.
Terkait : Kebutuhan Tidur yang Sehat sesuai Usia

Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan tidur telanjang 

1. Lebih bahagia
Sebuah survei di Inggris tahun 2014 oleh Cotton USA, perusahaan yang memasarkan produk kapas untuk piyama dan lembaran menemukan bahwa 57 persen dari mereka yang tidur telanjang mengaku lebih bahagia dalam hubungan mereka. Jumlah itu 9 persen lebih tinggi dari pada pengguna piyama saat tidur, diikuti oleh 43 persen dari pengguna baju tidur.
Terkait : 17 Kebiasaan Sederhana Agar Keluarga Bahagia dan Harmonis

2. Menjaga kesehatan kulit
Menutupi tubuh dengan menggunakan pakaian yang ketat membuat kulit menjadi lemah karena dipaksa untuk menyerap kembali racun-racun yang seharusnya keluar bersama keringat. Lain halnya jika tidur telanjang, karena itu akan membantu tubuh untuk bernapas dengan mengeluarkan atau melepaskan berbagai racun dari dalam tubuh.
Terkait : Cara Gampang Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

3. Tidur lebih nyenyak
Menggunakan pakaian dan selimut yang terlalu tebal akan menghambat penurunan suhu tubuh. Tidur telanjang akan membantu tubuh Anda tetap dingin, sehingga tidur akan jadi lebih nyenyak.
Jika saat suhu dingin, Anda memang dianjurkan memakai pakaian tebal atau selimut agar tidak kedinginan. Namun jika saat cuaca normal atau bahkan panas, Anda sebaiknya melepas pakaian Anda saat tidur. Tubuh membutuhkan suhu lingkungan yang lebih dingin saat tidur.

4. Bagus untuk sistem imun
Ketika terjadi kontak antar kulit, kelenjar adrenal kita akan menurunkan produksi hormon stres kortisol. Kortisol akan menekan respon imun. Kontak dari kulit ke kulit juga akan meningkatkan tingkat oksitosin yang dapat memberikan efek positif pada tekanan darah dan penyembuhan.

5. Membuat rileks
Telanjang adalah salah satu jenis terapi untuk mengatasi depresi, turunnya kepercayaan diri dan gangguan mental lainnya. Berbaring telanjang membuat Anda menyadari bahwa seluruh manusia di bumi sama seperti Anda. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat tubuh rileks.
Terkait : Tips Cara Mudah Mengendalikan Suasana Hati

6. Menurunkan risiko infeksi
Pakaian yang sarat akan keringat bisa jadi tempat berkembang biak yang baik bagi bakteri yang dapat menyebabkan beragam jenis penyakit infeksi. Sebaliknya jika Anda mencoba sesekali tidur telanjang maka risiko terkena jamur dan bakteri berbahaya itu juga akan berkurang. Kebersihan tubuh pun terjamin.

7. Menambah kualitas seks pasutri
Para ahli mengatakan bahwa tidur telanjang sangat baik untuk pasangan suami istri. Hal ini disebabkan karena kontak dari kulit ke kulit seperti berpelukan dapat meningkatkan produksi bahan kimia seperti hormon oksitosin. Senyawa cinta ini dapat meningkatkan suasana hati dan membuat Anda lebih rileks untuk seks. Sehingga tidur telanjang dapat mendorong hubungan seks yang lebih berkualitas, serta membuat seseorang lebih mungkin mencapai orgasme.

8. Menjaga vagina tetap sehat
Vagina dihuni oleh beberapa jenis ragi dan bakteri yang wajar dan tidak berbahaya jika jumlahnya normal. Tidur dengan mengenakan pakaian akan membuat arena organ intim jadi lembab. Hal ini akan memicu munculnya jamur pada daerah organ intim dan berisiko terserang penyakit. Dengan tidur tidak mengenakan pakaian mampu mencegah hal ini, karena di organ intim tidak sepenuhnya tertutup oleh celana atau pakaian.
Terkait : Kenali Penyebab Keputihan dan Cara Mencegahnya

9. Meningkatkan kesuburan pria
Pakaian yang digunakan saat tidur dapat meningkatkan panas, sehingga mengurangi jumlah dan kualitas sperma. Pada gilirannya mempengaruhi kesuburan pria. Dengan tidur telanjang suhu testis akan menurun ke batas normal, sehingga produksi sperma akan optimal. Selama tidur, penis akan mengalami ereksi alami, sehingga membiarkan penis bebas bergerak jauh lebih baik daripada menahannya dengan celana dalam atau celana ketat.
Terkait : Alasan yang Mengharuskan Pria Periksa Sperma

10. Lebih awet muda
Natasha Turner, penulis buku The Diet Hormone mengungkapkan, menjaga tubuh tetap hangat saat tidur malam akan mengganggu pelepasan melatonin (hormon untuk mengenali jam tidur biologis) dan hormon pertumbuhan sel (hormon antipenuaan). Ketika kedua hormon ini terhambat, tidur tidak akan nyenyak dan sel kulit tidak akan mengalami regenerasi. Ketika suhu tubuh mulai turun, maka hormon antiaging ini akan dilepaskan, sehingga membuat Anda tampil lebih segar dan awet muda.

Tanggalkan pakaian tidur Anda dan naiklah ke tempat tidur dalam kondisi telanjang. Sejumlah studi dan survei menunjukkan bahwa tidur telanjang sebenarnya banyak memberikan manfaat positif bagi kesehatan seperti yang telah diuraikan di atas.
Tag : Rileks
1 Komentar untuk "10 Manfaat Positif Tidur Telanjang Bagi Kesehatan"

tidur tanpa busana merupakan satu rangkaian relaxasy tubuh saat beristirahat, untuk menambah kebugaran jangn lupa meluangkan waktu liburan untuk berwisata
http://wisataterbaik.com/tips-murah-liburan-ke-bali.html

Back To Top