Jangan Terlalu Cinta pada Pasangan, Ini Efek Buruknya!

efek-buruk-rasa-cinta-yang-berlebih
Apapun yang berlebihan pasti akan berakibat tidak baik, begitu juga dalam cinta. Jika terlalu berlebihan dalam mencintai pasangan Anda, ini akan membawa dampak buruk pada kehidupan Anda.

Batasi rasa cinta Anda dalam tahap wajar dan sederhana. Jalinan cinta yang begitu bahagia dapat berubah seketika menjadi penuh masalah. Umumnya ketika merasakan cinta berlebih, orang-orang menjadi begitu protektif dan posesif terhadap pasangannya.

Berikut beberapa efek buruk dari rasa cinta yang berlebih dalam suatu hubungan

Posesif

Terlalu banyak cinta akan membuat Anda mulai memperlakukan pasangan bagaikan aset. Anda menginginkannya untuk selalu bersama sepanjang waktu. Ketika orang lain berbicara dengan pasangan atau berbagi hal dengannya, Anda tidak akan memperhatikan. Tidak hanya memberikan rasa cinta, Anda juga akan menciptakan suasana yang tidak sehat.

Melupakan kehidupan sosial

Ini paling sering terjadi pada pasangan yang baru jadian. Seringkali semua waktunya hanya untuk pasangan, lupa dengan segalanya, lupa dengan teman-temannya, lupa dengan hobinya, lupa dengan ulang tahun sahabatnya dan sebagainya. Kalau sudah begini, biasanya teman memilih untuk tidak peduli juga saat Anda putus nanti. Buruknyanya, jika sampai Anda putus, Anda akan kehilangan banyak orang yang tidak Anda perhatikan selama pacaran.

Berkurangnya ruang pribadi

Cinta yang berlebihan biasanya memaksa keinginan untuk bersama pasangan setiap waktu, hanya menciptakan ruang sempit baginya untuk bernapas. “Me time” pasangan telah Anda rampas, padahal ini membawa kebahagiaan tersendiri baginya.

Hilangnya waktu untuk diri sendiri

Anda lebih peduli apakah dia sudah makan atau belum, namun Anda bahkan seharian belum makan. Saking banyaknya perhatian untuk pacar, perhatian untuk diri sendiri justru berkurang. Anda lebih peduli dengan kehidupannya ketimbang hidup Anda sendiri. Jika sudah begini, tubuh Anda yang akan lelah. Cintai diri Anda sebelum mencintai orang lain.

Tidak ada kebebasan memilih

Ketika terlalu banyak cinta dalam suatu hubungan, Anda mungkin menginginkan hal yang mudah untuk pasangan sesuai dengan pikiran Anda sendri. Dengan pikiran seperti itu, Anda akan mengambil seluruh keputusan  tanpa melibatkan pasangan untuk memutuskan.

Menjadi tergantung dengan pasangan

Anda yang biasanya mandiri tiba-tiba menjadi tergantung dengan pasangan. Anda tidak mau pergi ke pesta ulang tahun teman jika pasangan tidak ikut, semua hal harus seizin pasangan, bahkan Anda mulai menjauh dari keluarga karena pasangan Anda tidak suka dengan keluarga Anda. Jika sudah begini, Anda tidak akan punya pemikiran sendiri. Cinta bukanlah cinta jika semua hal atas keinginan pacar semata.

Menyakiti perasaan diri sendiri

Saat pasangan berkata kasar, Anda memilih diam. Saat dia mulai main pukul, Anda tidak melawan, semua atas dasar cinta, karena Anda begitu mencintainya. Namun hal ini akan menjadi bumerang karena menyakiti diri dan hati Anda pelan-pelan. Anda tidak akan menjadi diri sendiri seperti dulu. Maka hati-hati, cinta adalah tentang kenyamanan, bukan penderitaan di satu pihak.

Enggan melakukan berbagai hal

Dengan menunjukkan cinta berlebih kepada pasangan, Anda mungkin setuju dengan segala hal yang dilakukannya. Ini bisa menjadi masalah. Sebelum menyetujui apa yang dia katakan lakukan, Anda perlu menyetujuinya tanpa langsung menerima begitu saja.

Cintailah secara sederhana karena dalam kesederhanaan justru akan Anda temukan cinta yang sesungguhnya. Jangan sampai efek buruk cinta yang berlebihan mengganggu kehidupan Anda.
Tag : Relationship
1 Komentar untuk "Jangan Terlalu Cinta pada Pasangan, Ini Efek Buruknya!"

Aku benci terlalu di posesifin sangat muak sampai lupa cara bergaul dengan teman teman.

Back To Top