7 Bahan Makanan Alami Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

makanan-penurun-kolesterol-tinggi
Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko untuk berbagai macam penyakit kronis, mulai dari penyakit jantung hingga stroke. Oleh karena itu, mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan.

Terkait : Kenali Faktor Risiko Stroke yang Bisa Menyerang Anda

Jangan terburu-buru minum obat penurun kadar kolesterol, Anda bisa menurunkan kolesterol dengan bahan-bahan alami yang tak menyebabkan efek samping. Beberapa makanan bisa membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol tinggi yang akan membuat Anda lebih sehat.

Terkait : Mengenal Perbedaan HDL, LDL, & Trigliserida

Jika ingin mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh dengan bahan-bahan alami, berikut ini beberapa bahan makanan penurun kolesterol tinggi.

1. Bawang putih
Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat, mencegah peningkatan tekanan darah, dan mengurangi penimbunan plak pada arteri. Bawang putih mengandung zat sulfur yang bekerja sebagai antioksidan yang membantu melebarkan pembuluh darah.

Coba konsumsi beberapa siung bawang putih mentah setiap hari, jika kolesterol Anda sedang tinggi. Anda bisa menghancurkannya dan mencampurnya dalam makanan. Untuk manfaat yang lebih maksimal bawang putih yang sudah dipotong-potong atau dihancurkan, diamkan dulu selama lima menit sebelum dimakan. Ini akan mengaktifkan zat bernama allicin dalam bawang putih yang penting untuk kesehatan.

Terkait : 6 Kebiasaan Mudah yang Bisa Mencegah Kanker

2. Bawang merah
Zat quercetin yang terkandung pada bawang merah diketahui sebagai antioksidan yang sangat kuat. Ini berarti bawang merah bisa mencegah efek merusak dari radikal bebas dalam jaringan tubuh manusia. Hasil peneliti selama ini telah mengaitkan quercetin dengan peningkatan jumlah kolesterol baik dan menurunkan tingkat kolesterol buruk.

Jika Anda memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, konsumsi bawang merah mentah. Anda bisa mencampur bawang merah ketika membuat sayuran lainnya.

3. Kacang
Kandungan lemak Omega-3 dan antioksidan pada kacang-kacangan bekerja untuk merehabilitasi kerusakan arteri yang disebabkan oleh lemak jenuh. Kacang-kacangan seperti almond, pistachios, hazelnut, dan walnut kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa menyehatkan pembuluh darah. Namun lebih baik kacang dikonsumsi mentah tanpa menambahkan gula atau garam. Menambahkan gula garam hanya akan menambah kalori pada kacang tersebut.

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, konsumsi kacang tersebut dalam jumlah yang wajar dan jangan tambahkan apapun. Jangan mengonsumsi terlalu banyak kacang karena lemak di dalamnya bisa meningkatkan berat badan dan justru berimbas buruk untuk kesehatan.

Terkait : Kacang Sebagai Penurun Kolesterol Alami

4. Teh
Zat epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan komponen bioaktif paling dominan di dalam teh terbukti bisa mencegah terjadinya percepatan (akselerasi) oksidasi kolesterol jahat (LDL).

Dengan rutin meminum teh setiap hari dalam jumlah yang wajar dan tanpa gula akan bermanfaat untuk mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung.

Terkait : Manfaat Teh untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

5. Ikan
Beberapa jenis ikan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dan melindungi kesehatan jantung. Beberapa di antaranya adalah ikan salmon, makarel, sarden, herring, dan halibut. Ikan-ikan tersebut juga diketahui bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Konsumsi ikan-ikan tersebut dengan cara direbus atau dipanggang. Jangan menggorengnya karena justru akan menambahkan jumlah lemak yang buruk untuk tubuh. Selain mendapatkan asupan omega-3 dari ikan, Anda juga mendapatkan suplai selenium yang penting untuk tubuh.

Terkait : Ini Tandanya Tubuh Anda Kurang Konsumsi Lemak

6. Aneka olahan kedelai
Tahu dan tempe sebagai makanan khas Indonesia juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Manfaat lain yang dapat diperoleh yaitu terdapat sumber protein dalam kedua jenis makanan tersebut.

7. Buah dan sayuran
Buah-buahan seperti apel, tomat, strawberry, manggis, pisang, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda. Buah dan sayuran merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin dan berfungsi juga dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Selain bebas kolesterol, buah dan sayuran juga sangat kaya serat dan pectin yang merupakan 2 unsur yang terbukti dalam menurunkan kadar kolesterol.

Terkait : 5 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

Itulah beberapa makanan alami penurun kadar kolesetrol tinggi yang bisa dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan tingkat kolesterol jahat. Makanan tersebut juga membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, melindungi jantung, dan menjaga kesehatan. Cobalah konsisten mengonsumsi makanan dan jenis minuman di atas yang telah terbukti baik secara ilmiah maupun empiris dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.
0 Komentar untuk "7 Bahan Makanan Alami Penurun Kadar Kolesterol Tinggi"

Back To Top