12 Hal yang Bisa Menyebabkan Anda Terkena Hipertensi

penyebab-terkena-hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang umum. Hampir semua orang pernah tahu atau bahkan mengalaminya. Hipertensi merupakan suatu kondisi yang diakibatkan adanya peningkatan tekanan pembuluh darah arteri yakni tekanan diastolik diatas 95 mmHg, sedangkan tekanan darah yang normal umumnya tekanan sistolik tidak melebihi 140 mmHg dan diastolik tidak melebih 90 mmHg.

Beberapa penyebab dari banyaknya kasus hipertensi ini tidak diketahui secara pasti dan cenderung hipertensi tersebut datang secara tiba-tiba tanpa gejala sebelumnya. Hipertensi juga merupakan pemicu stroke, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal.

Terkait : Kenali Faktor Risiko Stroke yang Bisa Menyerang Anda

Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, antara lain :

1. Genetik atau keturunan

Faktor keturunan memang berperan penting dari timbulnya suatu penyakit yang dibawa oleh gen keluarga. Bila salah satu anggota keluarga atau orang tua memiliki tekanan darah tinggi, maka anak pun memiliki risiko yang sama dan bahkan risiko tersebut lebih besar dibanding yang diturunkan oleh gen orang tua.

2. Usia

Usia juga mempengaruhi tekanan darah seseorang, semakin bertambahnya usia maka tekanan darah pun akan semakin meningkat. Semakin kita bertambah tua, elastisitas pembuluh darah kita juga berkurang sehingga cenderung mengalami penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah pun meningkat. Namun usia yang semakin tua pun tekanan darah dapat dikendalikan dengan tetap menjaga pola asupan makan, rajin berolahraga dan melakukan pemeriksaan rutin tekanan darah.

Terkait : 10 Masalah Kesehatan yang Rentan Menyerang Para Lansia

3. Garam

Garam mempunyai andil yang sangat besar dalam meningkatan tekanan darah secara cepat. Ditambah pada mereka yang sebelumnya memiliki riwayat terhadap penyakit diabetes, hipertensi ringan dan mereka yang berusia diatas 45 tahun.

Terkait : Gejala Diabetes Melitus yang Perlu Anda Waspadai

4. Kolesterol

Kolesterol yang identik dengan lemak berlebih juga bisa menyebabkan Anda terkena hipertensi. Pembuluh darah yang dipenuhi dengan kolesterol ini akan mengalami penyempitan dan mengakibatkan tekanan darah pun meningkat.

Terkait : Gejala Fisik Kolesterol Tinggi

5. Obesitas atau kegemukan

Jangan anggap remeh obesitas karena hal ini juga berpengaruh terhadap tekanan darah Anda. Seseorang yang memiliki berat tubuh berlebih atau kegemukan merupakan peluang besar terserang penyakit hipertensi.

Terkait : Lakukan Cek Gula Darah Berkala Bila Memiliki Faktor Risiko Ini!

6. Stres

Stres dapat meningkatkan tekanan darah sewaktu. Hormon andrenalin akan meningkat sewaktu kita stres, dan itu bisa mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah pun meningkat. Selain itu, pada saat stres biasanya pilihan makanan kita kurang baik. Kita akan cenderung melahap apa pun untuk merilekskan diri, dan itu bisa berdampak secara tidak langsung pada tekanan darah kita. Tidak hanya itu stres juga mampu mempengaruhi mood atau perasaan seseorang terhadap suatu emosi jiwa.

Terkait : 10 Kebiasaan Buruk yang Membunuh Kecerdasan Otak

7. Rokok

Rokok mengandung nikotin dan zat senyawa kimia yang cukup berbahaya yang bisa memberikan peluang besar seseorang menderita hipertensi terutama pada mereka yang termasuk dalam perokok aktif. Tak hanya mengkibatkan hipertensi, zat rokok yang terhirup dan masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan risiko pada penyakit diabetes melitus, serangan jantung dan stroke.

Terkait : 15 Tips Sukses Berhenti Merokok

8. Kafein

Kafein banyak terdapat pada kopi, teh dan minuman bersoda. Kopi dan teh jika dikonsumsi melebihi batasan normal dalam penyajian akan mengakibatkan hipertensi. Sebenarnya kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, begitu pula dengan teh yang mengandung antioksidan yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Untuk itu batasi asupan minum kopi dan teh Anda agar mendapatkan manfaatnya.

9. Minuman beralkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah kolesterol yang jahat yang berpotensi menyebabkan tekanan darah meningkat.

Terkait : 9 Organ Tubuh yang Rusak akibat Minuman Beralkohol

10. Kurang olahraga atau aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga membuat organ tubuh dan pasokan darah maupun oksigen menjadi tersendat sehingga meningkatkan tekanan darah. Selain itu biasanya orang yang tinggal di kota besar cenderung memiliki gaya hidup kurang gerak. Bekerja di kantor, dan terus menerus duduk, ditambah lagi kurangnya olahraga, akan cenderung meningkatkan risiko penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah. Akibatnya adalah meningkatnya risiko darah tinggi.

Terkait : 6 Kebiasaan Mudah yang Bisa Mencegah Kanker

11. Gender

Jenis kelamin juga berpengaruh terhadap hipertensi. Hingga usia 45, pria lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Pada usia 45 hingga 64, baik pria maupun wanita memiliki tingkat risiko yang sama. Tetapi, justru pada usia di atas itu, wanita lebih berisiko.

12. Pola makan

Kalau Anda suka makan makanan tinggi kalori, lemak, dan gula, mungkin sudah saatnya Anda menguranginya untuk mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi.

Sebagian besar hal yang menyebabkan Anda terkena hipertensi merupakan faktor dari diri sendiri yang bisa diubah. Oleh karena saatnya untuk mulai melakukan gaya hidup yang sehat dan lakukan cek kesehatan secara rutin.


0 Komentar untuk "12 Hal yang Bisa Menyebabkan Anda Terkena Hipertensi"

Back To Top