Manfaat Cokelat dari Sisi Kesehatan

manfaat-cokelat-dari-sisi-kesehatan
Bisa dikatakan bahwa cokelat adalah makanan sejuta umat. Mengapa demikian? karena hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Makanan yang rasanya manis sedikit pahit ini, sangat nikmat jika dijadikan campuran untuk berbagai jenis makanan maupun minuman.

Mengonsumsi cokelat sering dijadikan salah satu pilihan untuk menghilangkan stres karena dengan memakan cokelat bisa memberikan rasa rileks dan tenang. Banyak sekali mitos tentang cokelat. Mulai dari mitos yang positif hingga ada negatif.
Terkait : 20 Jenis Makanan Pembangkit Rasa Bahagia

Komposisi kandungan zat gizi pada coklat sangat banyak, biji coklat memiliki kandungan alkanoid yang menyebabkan rasanya menjadi pahit. Selain itu biji coklat juga mengandung protein 9%, karbohidrat 14%, dan lemak 31%. Protein dalam biji coklat mengandung fenilalanin, tyrosin, asam amino triptofan dalam jumlah besar. Dengan kandungan yang demikian beragam, banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi cokelat, antara lain :

1. Antioksidan yang tinggi
Karena cokelat mengandung flavanols, yaitu sejenis flavanoid yang merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.
Terkait : Cara Gampang Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

2. Mencegah dan melawan kanker
Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa cokelat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.
Terkait : Manfaat Tes Darah, dari Deteksi Kanker Hingga Kematian

3. Menurunkan tekanan darah
Berdasarkan penelitian, cokelat dapat menurunkan tekanan darah, Kandungan cokelat yang dapat membuat mood lebih baik, selian itu mampu menurunkan tekanan darah.

4. Memperlambat proses penuaan
Cokelat mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan yang artinya menjadikan kita panjang umur. Konsumsi cokelat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.
Terkait : Cara Sederhana Cegah Penuaan Dini Kulit Memasuki Usia 30

5. Menghilangkan stres
Cokelat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang bermanfaat untuk mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang sedang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood. Mengapa demikian? Ternyata, cokelat juga mengandung molekul psikoaktif yang tentunya membuat pengkonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti depresi.

Namun demikian pakar diet menyatakan mengonsumsi cokelat terlalu sering malah berefek merusak dan tidak sehat bagi tubuh. Mengapa terlalu banyak cokelat justru berbahaya? Pasalnya cokelat mengandung kadar gula dan lemak tinggi yang dapat memicu kenaikan bobot seseorang. Jadi manfaat-manfaat dari cokelat bagi kesehatan bisa didapatkan apabila dikonsumsi dengan takaran yang tepat. (Penulis : Abelya Daffana/Email : abelyadaffana@yahoo.com)

8 Komentar untuk "Manfaat Cokelat dari Sisi Kesehatan"

mmg coklat byk manfaat.sweet n sedap.sesuai buat hadiah pada yg tersayang..:)

artikel yang sangat menarik. pembahasan dilakukan secara rinci dan sederhana. saya sangat suka. sangat bermanfaat. terus berkarya abele

ternyata banyak juga manfaat cokelat. Terimakasih atas artikelnya sangat bermanfaat dan memberikan informasi kesehatan yang mungkin baru bagi kami.

wah.. nggak salah kalo aku suka jajan cokelat. :D

sy jg suka coklat gan....gak nyangka banyak jg manfaatnya untuk kesehatan ya

bagi penderita diabetes bagus gak sih untuk mengkonsumsi cokelat?

Coklat dapat meningkatkan mood, selain manfaat di atas, dapat memberikan hadiah untuk pacar. :D

This comment has been removed by the author. - Hapus

Back To Top