6 Kebiasaan Mudah yang Bisa Mencegah Kanker

kebiasaan-untuk-mencegah-kanker
Kanker merupakan penyakit yang bisa membunuh siapa saja dalam waktu sekejap. Meskipun penyakit ini berbahaya dan termasuk penyakit penyebab kematian terbanyak di Indonesia, kita masih bisa melakukan berbagai hal untuk mencegahnya. Bahkan kebiasaan mudah pun sebenarnya bisa jadi kebiasaan yang baik untuk mencegah kanker.

Salah satu penyebab utama seseorang terkena kanker adalah karena faktor gaya hidup. Agar ingin terhindar dari kanker, Anda perlu lebih memperhatikan gaya hidup dengan lebih seksama lagi. Tidak perlu bingung harus melakukan apa untuk mencegah kanker. Berikut ini, 6 kebiasaan mudah yang bisa mencegah kanker yang dapat Anda coba lakukan sebagai permulaan.

Makan banyak buah dan sayur
Hasil penelitian dari World Cancer Research Fund, menunjukkan bahwa ada bukti kuat bahwa sayuran, buah, bulir utuh, dan kacang-kacangan dapat melindungi kita dari serangan berbagai macam kanker seperti kanker mulut, perut, dan usus. Kurangi konsumsi makanan instan yang mengandung gula dan garam berlebih. Ubah pola makan kita ke konsumsi makanan yang lebih segar dan berserat.

Pilihlah sayuran dengan warna hijau gelap. Kandungan klorofil yang memberi warna hijau tua mengandung magnesium yang dapat menurunkan risiko terkena kanker usus.

Terkait : 20 Jenis Makanan Pembangkit Rasa Bahagia

Banyak tertawa
Banyak lah tertawa, karena hal ini merupakan kebiasaan mudah yang bisa mencegah kanker. Aktivitas menyenangkan ini selain bisa membuat hati bahagia, ternyata tertawa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tertawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menekan hormon stres, dan juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel T yang dapat melawan kanker.

Terkait : 4 Langkah Sederhana Agar Anda Bahagia

Jangan duduk terlalu lama
Risiko terkena kanker khususnya kanker rahim atau serviks, usus, dan paru-paru meningkat 10 persen setiap kali kita duduk dua jam lamanya. Hal tersebut berdasarkan sebuah ulasan dari penelitian-penelitian yang dilakukan oleh University of Regensburg di Jerman. Orang-orang yang aktif secara fisik pun memiliki faktor risiko tinggi terkena kanker jika tidak menggerakkan tubuh dalam jangka waktu lama. Sekalipun Anda harus duduk berjam-jam setiap harinya, selalu luangkan waktu untuk olahraga. Atau berilah jeda setiap beberapa menit sekali untuk berdiri dan melakukan olahraga ringan di tempat.

Terkait : Agar Tak Mati Muda karena Kebanyakan Duduk di Kantor

Lakukan olahraga
Menurut World Cancer Research Fund, olahraga ringan selama 30 menit setiap harinya dapat mengurangi risiko terkena kanker sebanyak 50 persen. Olahraga yang dimaksud tak harus olahraga berat atau olahraga yang harus dilakukan dengan alat-alat mahal. Ada banyak kegiatan yang bisa memacu detak jantung.
Beberapa contoh kegiatan yang bisa Anda lakukan sebagai ganti olahraga, antara lain pergi bekerja dengan jalan kaki, berkebun, atau sekadar mengepel rumah. Ada banyak aktivitas harian yang bisa dilakukan sebagai ganti olahraga. Pilih kegiatan yang paling Anda sukai. Yang penting adalah Anda bisa memastikan bahwa detak jantung Anda bisa semakin cepat dan darah bisa mengalir lebih lancar.

Terkait : 10 Olahraga untuk Mencegah Kanker

Konsumsi lebih banyak bawang putih
Agar Anda bisa mencegah kanker, konsumsilah lebih banyak bawang putih karena mengandung sulfur yang dapat merangsang pertahanan imun atau antibodi tubuh melawan kanker. Penelitian menyebutkan bahwa bawang putih dapat menurunkan risiko terkena kanker usus sebanyak 12 kali. Anda bisa menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam menu masakan Anda.

Tidur dengan lampu dimatikan
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa paparan sinar buatan berlebih di malam hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker, termasuk kanker payudara dan prostat. Para ahli menyebutkan bahwa hal ini dikarenakan semakin meningkatnya kadar hormon stres kortisol yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun.
Para peneliti juga menyebutkan tidur dengan lampu dimatikan dapat menjaga kadar hormon tidur melatonin tetap stabil. Sehingga dapat mencegah munculnya sejumlah penyakit kanker. Lakukan kebiasaan mudah mencegah kanker dengan biasakan mematikan lampu saat tidur.

Terkait : Saat Kita Tidur Ternyata Otak Kita Tetap Bekerja

Anda bisa coba mulai melakukan 6 kebiasaan mudah yang bisa mencegah kanker ini. Sepintas kebiasaan-kebiasaan ini seolah tak memberi banyak efek, tapi jika dilakukan dengan baik dan teratur, maka risiko Anda terkena kanker bisa semakin berkurang. (mirror.co.uk)
Tag : Tips Sehat
0 Komentar untuk "6 Kebiasaan Mudah yang Bisa Mencegah Kanker"

Back To Top