10 Cara Alami Meningkatkan Energi Tubuh Anda

cara-alami-meningkatkan-energi-tubuh
Setiap orang memerlukan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi buat Anda yang sibuk bekerja dari pagi hingga sore hari tentunya memerlukan banyak energi agar tubuh tetap fit dan stamina tidak menurun.

Namun kebanyakan dari kita, cara instan dengan mengonsumsi minuman berenergi banyak dipilih. Padahal umumnya minuman berenergi terlalu banyak mengandung kafein dan gula yang tentunya tidak bagus untuk tubuh.
Terkait : 7 Alasan Kenapa Anda Harus Kurangi Konsumsi Gula

Oleh karena itu untuk meningkatkan energi anda, berikut ini 10 cara alami meningkatkan energi tubuh yang mudah dilakukan.

1. Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein

Protein merupakan pemasok energi tubuh yang stabil. Agar energi dalam tubuh Anda tidak cepat habis baiknya anda konsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti telur dadar saat sarapan, atau camilan kacang atau yogurt di sore hari.
Terkait : Rahasia Stamina Prima Pemain Sepakbola Profesional

2. Minum kopi atau teh

Kafein memang dapat menyebabkan kegelisahan, insomnia, dan bahkan masalah jantung bila Anda mengonsumsi melebihi 300 mg per hari (yang kira-kira tiga cangkir kecil kopi). Namun, selama Anda tidak berlebihan, kafein yang terdapat pada kopi dan teh adalah cara yang bagus untuk meningkatkan energi.
Terkait : Begini Caranya Agar Kopi Lebih Sehat untuk Diminum

3. Minum air putih

Jika Anda merasa lesu, kemungkinana Anda mengalami dehidrasi. Hampir setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik, agar energi tubuh anda tetap fit minum air putih yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.
Terkait : 6 Fakta Pentingnya Minum Air Putih Tiap Hari

4. Dapatkan sinar matahari

Sinar matahari dapat meningkatkan energi dengan mendorong tubuh Anda untuk membuat vitamin D dan bahan kimia kebahagiaan seperti serotonin. Luangkan waktu Anda terkena sinar matahari selama beberapa menit saat pagi hari.
Terkait : Ini Dia Manfaat Berolahraga di Ruang Terbuka!

5. Makan coklat

Makan sepotong kecil coklat dapat meningkatkan energi alami Anda secara cepat. Coklat mengandung kafein, theobromine, fenol dan antioksidan lain yang menjaga jantung dan otak Anda tetap sehat.
Terkait : 20 Jenis Makanan Pembangkit Rasa Bahagia

6. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Magnesium merupakan zat yang sangat penting untuk lebih dari 300 reaksi energi dalam tubuh. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kelelahan, nyeri otot, dan kecemasan. Cobalah untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti sayuran berwarna hijau.

7. Istirahat

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa memberikan waktu otak dan tubuh Anda beristirahat, terutama selama hari kerja, akan meningkatkan energi dan membuat Anda lebih produktif. Anda hanya butuh 10 sampai 20 menit untuk beristirahat. Apakah itu meditasi, doa, atau mendengarkan musik, menemukan ruang yang tenang dan melakukan sesuatu yang menenangkan pikiran dan tubuh.
Terkait : 3 Aktivitas Untuk Merangsang Semangat Kerja

8. Minum beberapa vitamin

Kadang makanan olahan yang kita konsumsi tidak banyak mengandung gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda dan membantu tubuh memproduksi energi. Untuk menambah gizi bagi tubuh Anda, disarankan lengkapi dengan suplemen vitamin. Sebaiknya suplemen tambahan ini tidak yang berbentuk tablet atau pil karena sering tidak larut dengan baik sehingga nutrisi tidak bisa diserap. Sebaliknya pilih minuman multivitamin serbuk yang mencakup semua zat penghasil energi seperti ribosa, vitamin B, magnesium, vitamin D, seng, vitamin C, dan yodium.
Terkait : 5 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin 

9. Gosok telinga Anda

Salah satu cara meningkatkan energi anda secara alami yaitu dengan menggosok telinga. Cobalah ambil daun telinga Anda dengan ibu jari dan telunjuk, dan gosok atas dan ke bawah selama 10 sampai 30 detik. Ini bermanfaat untuk merangsang semua pusat energi tubuh Anda yang dijalankan melalui telinga sehingga energi dapat mengalir dengan lancar.

10. Matikan berita

Berita televisi yang disajikan kadang membuat ketakutan dan menciptakan rasa cemas. Bila hal ini terjadi sebaiknya segera mematikannya. Ada cara yang lebih baik untuk tetap mendapat informasi. Lebih baik Anda menggunakan energi untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dari pada memikirkan sesuatu hal yang membuat cemas.

Semoga cara alami untuk meningkatkan energi tubuh membuat hari-hari Anda tetap berenergi dan menyenangkan. (yahoo.com/health)
Tag : Tips Sehat
0 Komentar untuk "10 Cara Alami Meningkatkan Energi Tubuh Anda"

Back To Top