Risiko Mengonsumsi Minuman Bersoda yang Berlebihan bagi Ibu Hamil

risiko-minuman-bersoda-bagi-ibu-hamil
Minuman bersoda umumnya mengandung banyak gula, asam fosfat, karbonat, bahan pengawet, dan kafein. Karena kandungan yang ada dalam minuman bersoda tersebut tidak aman bagi kesehatan, dianjurkan bagi ibu hamil untuk menghindarinya.
Terkait : Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

Berikut ini beberapa risiko jika konsumsi minuman bersoda berlebihan bagi ibu hamil :

Obesitas
Minuman bersoda banyak mengandung gula sehingga dapat menyebabkan obsesitas, Hal ini merupakan faktor utama penyebab meningkatnya risiko diabetes (terutama diabetes tipe 2) dan penyakit kardiovaskular. Selain itu penyakit diabetes dapat memengaruhi bobot janin menjadi terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.
Terkait : Lakukan Cek Gula Darah Berkala Bila Memiliki Faktor Risiko Ini
 
Hipertensi
Risiko minuman bersoda bagi ibu hamil lainnya adalah hipertensi. Kandungan kafein dalam minuman bersoda dapat menjadi sumber munculnya hipertensi. Pada saat kehamilan, hipertensi dapat mendorong terjadinya kelahiran prematur.
 
Melemahkan sistem kekebalan tubuh
Para ilmuwan telah membuktikan bahwa gula dapat menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Minuman bersoda yang mengandung 12 sendok teh gula cukup menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat, yaitu sebesar 60 persen selama 5 jam. Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan ditambah makanan bergula lainnya berpotensi membuat sel-sel darah putih tidak bekerja efektif untuk beberapa jam setiap hari.
Terkait : 5 Jenis Antibodi dalam Tubuh
 
Mengganggu kesehatan tulang dan osteoporosis
Minuman bersoda yang memiliki kadar asam fosfat yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan asupan fosfor dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan risiko terhambatnya penyerapan kalsium serta berdampak terhadap penurunan massa tulang. Risikonya minuman bersoda bagi ibu hamil yaitu menyebabkan kesehatan tulang terganggu dan potensi untuk terkena osteoporosis pun semakin tinggi.

Sebelum minum minuman bersoda, sebaiknya pikirkan dulu risiko mengonsumsi minuman bersoda yang berlebihan bagi ibu hamil. Lebih baik minum air putih atau jus buah segar agar tetap sehat. (Tabloid Nakita)
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Risiko Mengonsumsi Minuman Bersoda yang Berlebihan bagi Ibu Hamil"

Back To Top