Lakukan Cek Gula Darah Berkala Bila Memiliki Faktor Risiko Ini!

faktor-risiko-gula-darah
Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula dalam darah, bisa diderita siapa saja dan bisa menimbulkan komplikasi yang mematikan.

Indonesia merupakan negara dengan populasi penderita diabetes terbesar kelima di dunia, dengan jumlah penderita mencapai 9,1 juta jiwa. Namun, hampir separuh penderita tidak menyadari dirinya mengidap penyakit yang oleh awam disebut kencing manis ini.

Penyakit diabetes melitus memang kerap tidak bergejala dan memiliki perjalanan penyakit yang lambat sehingga penyakit ini sebenarnya bisa dicegah. Faktor penyebab diabetes disebabkan karena kombinasi berbagai faktor, termasuk genetik dan gaya hidup tidak sehat.
Terkait : Gejala Diabetes Melitus yang Perlu Anda Waspadai

Jika Anda memiliki salah satu faktor risiko diabetes berikut ini, lakukan pemeriksaan kadar gula darah secara berkala, dan segera lakukan perbaikan pada pola hidup Anda.

1. Riwayat keluarga
Faktor keturunan atau genetik punya kontribusi yang besar untuk seseorang terserang penyakit diabetes. Yang bisa dilakukan untuk seseorang bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus karena sebab genetik adalah dengan memperbaiki pola hidup dan pola makan serta lakukan cek gula darah secara berkala.
Terkait : Perangi Diabetes dengan Makanan Ini

2. Kegemukan atau obesitas
Kegemukan bisa menyebabkan tubuh seseorang mengalami resistensi terhadap hormon insulin. Organ pankreas akan dipacu untuk memproduksi insulin sebanyak-banyaknya sehingga menjadikan organ ini menjadi kelelahan dan akhirnya rusak. Hindari makan makanan yang tinggi kalori! Berat badan berlebih atau lingkar perut besar. Jika Anda mempunyai faktor risiko ini, segera lakukan cek gula darah berkala, ukuran lingkar perut yang normal adalah di bawah 90 cm, sedangkan untuk wanita tak boleh lebih dari 80 cm.

3. Kehamilan
Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon yang mengganggu keseimbangan hormon insulin dan pada kasus tertentu memicu untuk sel tubuh menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini menjadi sangat berisiko terhadap bayi yang dilahirkan akan mempunyai potensi diabetes melitus. Bila Anda melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4 kg atau saat hamil mengalami kenaikan gula darah segera lakukan cek gula darah.
Terkait : 8 gejala dini diabetes pada anak

4. Kurang aktivitas fisik
Kurangnya aktivitas fisik menjadi faktor risiko cukup besar untuk seseorang mengalami kegemukan dan melemahkan kerja organ-organ yang vital seperti jantung, liver, ginjal dan juga pankreas. Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

5. Umur semakin bertambah
Umur di atas 40 tahun membuat banyak organ-organ vital melemah dan tubuh mulai mengalami kepekaan terhadap insulin. Pada wanita yang sudah mengalami monopause bahkan punya kecenderungan untuk lebih tidak peka terhadap hormon insulin. Untuk terhidar dari risiko terkena diabetes, segera lakukan cek gula darah secara rutin.

6. Mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi
Faktor risiko akibat dari pola makan yaitu mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi,  juga diyakini memberi andil bagi seseorang mudah terserang penyakit diabetes melitus. Batasi konsumsi kolesterol Anda tidak lebih dari 300mg per hari.
Terkait : Gejala Fisik Kolesterol Tinggi

7. Sering stres
Stres juga merupakan faktor risiko penyakit diabetes, karen saat stres tubuh melepaskan beberapa hormon yang paling berbahaya seperti kortisol yang terlibat dalam respon stres dan meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah. Kondisi stres berat bisa mengganggu keseimbangan berbagai hormon dalam tubuh termasuk produksi hormon insulin. Selain itu stres bisa memacu sel-sel tubuh bersifat liar yang berpotensi untuk seseorang terkena penyakit kanker juga memicu untuk sel-sel tubuh menjadi tidak peka atau resiten terhadap hormon insulin.

Peningkatan jumlah pasien diabetes bisa ditekan dengan mengubah pola pikir masyarakat. Karena diabetes adalah penyakit yang tidak bergejala, maka perlu deteksi dini. Lakukan cek gula darah berkala bila Anda memiliki faktor risiko seperti yang diatas di Laboratorium Klinik yang terpercaya. Salam sehat!.
Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Lakukan Cek Gula Darah Berkala Bila Memiliki Faktor Risiko Ini!"

Back To Top