Jenis-jenis Penyakit di Seputar Jantung yang Perlu Anda Waspadai

jenis-jenis-penyakit-di-seputar-jantung
Secara umum penyakit jantung merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah penyakit yang memengaruhi kesehatan jantung, sering pula merujuk penyakit kardiovaskuler.  Padahal, masih banyak penyakit lain yang juga termasuk dalam gangguan jantung.
Terkait : 12 Tips Mudah untuk Mencegah Penyakit Jantung

Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung yang perlu Anda waspadai

Penyakit jantung koroner
Ini adalah jenis paling umum dari penyakit jantung, terjadi akibat penimbunan plak di pembuluh arteri selama bertahun-tahun. Penimbunan plak itu membuat pembuluh arteri menjadi sempit dan kaku sehingga sangat mengurangi aliran darah ke jantung. Jantung menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan. Kolesterol mulai menimbun di dinding pembuluh darah selama bertahun-tahun. Ketika kita berusia lanjut, plak telanjur besar membuat radang dinding pembuluh dan meningkatkan risiko pembekuan darah dan serangan jantung.
Terkait : Gejala Fisik Kolesterol Tinggi

Trachycardia
Jenis penyakit jantung yang agak ringan yaitu Trachycardia, pada dasarnya ini adalah istilah medis untuk peningkatan denyut jantung. Palpitasi dan detak jantung yang tinggi dapat disebabkan karena beberapa alasan seperti merokok, alkohol dan stres.

Penyakit Otot Jantung
Otot-otot pada jantung dapat juga melemah. Sehingga fungsi otot-otot jantung akan melambat sehingga tidak mampu memompa darah yang cukup untuk tubuh.

Penyakit Katup Jantung
Jantung memiliki 4 katup dan berfungis menjaga aliran darah satu arah lewat jantung. Katup jantung bisa rusak karena berbagai hal, misalnya penyempitan, kebocoran, atau penutupan yang tak sempurna. Gejala penyakit ini berupa kelelahan, napas pendek-pendek, detak jantung tak teratur, kaki atau pergelangan kaki bengkak, dan nyeri dada.

Gagal Jantung
Jenis penyakit jantung yang fatal adalah gagal jantung. Penyakit ini terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah dan berhenti bekerja. Hal ini kemudian menyebabkan penahanan air di dalam tubuh sehingga terjadi pembengkakan dan kesulitan bernapas. Gagal jantung bisa terjadi ketika seseorang kehilangan banyak darah, terkejut atau bahkan karena gangguan paru-paru. Tubuh bengkak dan napas pendek-pendek adalah gejala utama gagal jantung.

Penyakit Jantung Bawaan
Jenis penyakit jantung ini merupakan kelainan pada satu struktur atau lebih di jantung atau pembuluhnya. Gejala yang tampak bisa pada saat kelahiran, masa kanak-kanak, atau kadang sampai remaja. Beberapa bayi dilahirkan dengan jantung yang lemah atau lubang di jantung mereka.
Terkait : 5 penyakit jantung bawaan pada anak

Hingga saat ini, para ahli masih belum tahu mengapa kelainan ini terjadi. Faktor keturunan mungkin berperan, termasuk juga paparan infeksi virus, alkohol, atau obat-obatan terhadap janin selama kehamilan.
Terkait : 8 Pemeriksaan Laboratorium yang Penting Selama Kehamilan

Gangguan Serebrovaskular
Jenis penyakit jantung serebrovaskular adalah terjadinya hambatan dalam sirkulasi darah dari jantung ke otak. Jenis penyakit jantung ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke pada otak.
Terkait : Kenali Faktor Risiko Stroke yang Bisa Menyerang Anda

Angina
Angina merupakan istilah medis yang menggambarkan rasa sakit dan sesak di sekitar dada. Ini dikarenakan dada Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Paling sering disebabkan oleh penyumbatan kecil di arteri jantung atau koroner.

Penyakit Jantung Rematik
Jenis penyakit jantung ini muncul di usia dewasa, disebabkan infeksi bakteri di masa kecil yang dapat menyebabkan gangguan sendi dan katup jantung.

Aterosklerosis
Aterosklerosis adalah pengerasan arteri. Arteri seringkali mengeras karena adanya endapan wabah, racun dan lemak. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan stroke jantung.

Aritmia jantung
Aritmia merupakan gangguan detak jantung yang tak normal. Dalam keadaan normal jantung berdetak dalam ritme yang ajek sekitar 60 sampai 100 kali setiap menit. Namun, ada juga kalanya jantung berdetak tak sesuai ritme. Jenis penyakit jantung ini yang sering kali disebut juga disritmia terjadi karena perubahan ritme sehingga menimbulkan detak jantung tak teratur atau perubahan detak. Jantung jadi berdetak sangat lambat atau sangat cepat.

Kardiomiopati
Jenis penyakit jantung ini adalah kelainan pada otot jantung. Orang dengan penyakit ini sering kali disebut mengalami perbesaran jantung. Jantungnya mengalami perbesaran, kekakuan, penebalan tak normal. Sehingganya, kemampuan jantung untuk memompa darah jadi melemah. Tanpa pengobatan yang benar, kardiomiopati bisa memburuk dan sering kali menyebabkan gagal jantung dan ritme jantung tak normal.

Perikarditis
Ini adalah peradangan di lapisan yang membungkus jantung. jenis penyakit jantung ini termasuk langka dan sering kali disebabkan oleh infeksi.

Penyakit aorta
Jenis penyakit jantung ini menyebabkan aorta melebar atau robek sehingga meningkatkan risiko kejadian berbahaya, seperti penebalan pembuluh arteri, tekanan darah tinggi, penyakit genetik Sindrom Marfan yaitu orang yang memiliki jaringan konektif, termasuk di antaranya jaringan jantung dan pembuluh darah yang kekuatannya berkurang karena pembuatan zat kimia yang tak normal. Mereka dengan penyakit ini harus ditangani oleh tim ahli jantung dan bedah jantung berpengalaman.

Itulah beberapa jenis penyakit jantung yang harus Anda waspadai. Penyakit jantung punya banyak jenis dan alasan yang memicunya. Semoga ulasan ini memberi Anda gambaran tentang bahaya penyakit jantung dan berupaya untuk hidup sehat!
Tag : Penyakit
0 Komentar untuk "Jenis-jenis Penyakit di Seputar Jantung yang Perlu Anda Waspadai"

Back To Top