5 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin

tanda-tubuh-kekurangan-vitamin
Tubuh yang kurang vitamin tidak hanya terjadi pada mereka yang kekurangan makanan. Meskipun Anda termasuk orang yang doyan makan, kekurangan vitamin dapat terjadi pada tubuh Anda. Hal ini disebabkan makanan yang Anda konsumsi sangat rendah kandungan vitamin di dalamnya atau karena melakukan program diet yang keliru.

Menurut penulis buku The Immune System Recovery Plan, Dr Susan Blum mengatakan, bahwa Anda mungkin tidak merasakan sakit saat tubuh kekurangan vitamin. Namun yang jelas metabolisme tubuh serta kemampuan tubuh dalam mengendalikan lima indera akan berkurang. Vitamin sendiri sebenarnya berfungsi untuk menyediakan makanan bagi tubuh agar mampu melakukan fungsinya masing-masing dengan baik.

Berikut ini 5 tanda tubuh Anda kekurangan vitamin yang sebaiknya Anda tahu :

1. Bibir Anda pecah-pecah
Berarti tubuh Anda kekurangan  : Zat besi, zinc, dan vitamin B seperti niacin (B3), riboflavin (B2), dan B12.

Saran : makan lebih banyak unggas, salmon, tuna, telur, tiram, kerang, tomat, dan kacang-kacangan. Penyerapan zat besi ditingkatkan dengan vitamin C, yang juga membantu melawan infeksi, jadi menggabungkan makanan ini dengan sayuran seperti brokoli, paprika merah, kale, dan kembang kol.

2. Wajah memerah, bersisik dan rambut rontok
Tubuh Anda kekurangan : Biotin (B7), yang dikenal sebagai vitamin rambut Vitamin A, D, E dan K

Saran : konsumsi salmon, jamur, kacang-kacangan, telur rebus, alpukat, bunga kol, kedelai, pisang atau buah berry-berryan, jangan mengonsumsi telur mentah.

3. Muncul jerawat di pipi, lengan, paha dan pantat
Artinya tubuh Anda kekurangan vitamin A dan D.

Saran : Anda harus makan makanan yang kaya lemak sehat, terkandung pada ikan salmon, sarden, kacang-kacangan, serta mengonsumsi sayuran hijau, wortel, ubi jalar, dan paprika merah

4. Kesemutan, menusuk-nusuk, dan mati rasa di tangan, kaki atau di tempat lain
Ini menunjukkan tubuh Anda kekurangan vitamin B seperti folat (B9), B6, dan B12. Selain itu kekurangan vitamin ini juga menimbulkan sulit tidur, mudah gugup, hormon tidak seimbang, anemia, mengalami kelelahan dan mudah stres.

Saran : .makan bayam, asparagus, bit, kacang-kacangan, telur, cumi-cumi, kerang, tiram, dan unggas.

5. Kram otot dalam, sakit menusuk di jari kaki, betis, lengkungan kaki, dan punggung kaki.
Berarti tubuh Anda kekurangan : magnesium, kalsium, dan kalium.

Saran : Makan lebih banyak pisang, almond, hazelnut, labu, ceri, apel, jeruk, brokoli, dan sayuran berwarna hijau gelap seperti kale, bayam, dan dandelion.

Tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin memang sangat sulit untuk dilihat dan kadang tidak menimbulkan rasa sakit serta membutuhkan waktu yang lama untuk muncul. Sehingga hal yang sering terjadi adalah munculnya penyakit yang menyerang Anda secara mendadak. Semoga bermanfaat.(indiatimes.com)


0 Komentar untuk "5 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin"

Back To Top