4 Langkah Terhindar dari Penyakit Alzheimer

agar-terhindar-penyakit-alzheimer
Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang banyak diderita oleh para kaum lansia. Berupa masalah kesehatan jaringan otak yang mengalami penurunan fungsi, menyebabkan menurunnya daya ingat dan kemampuan mental.

Seiring bertambahnya umur, risiko penyakit Alzheimer semakin meningkat. Orang berusia di antara 65-74 tahun lima persennya mengidap penyakit Alzheimer, dan hampir 50 persen orang yang berusia lebih dari 85 tahun memiliki penyakit Alzheimer.
Terkait : 10 Masalah Kesehatan yang Rentan Menyerang Para Lansia

Risiko Alzheimer biasanya mulai meningkat di usia 65, jika Anda yang belum mencapai usia itu, ada baiknya mulai mencoba menjalani 4 langkah agar terhindar dari penyakit Alzheimer berikut ini:

1. Gerakkan tubuh Anda

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang aktif bergerak bukan hanya otot-otot lengan dan kaki yang berkembang, bagian otak yang penting pun membesar.Tidak perlu olahraga yang berat cukup parkir kendaraan Anda sedikit lebih jauh dari tempat tujuan Anda. Atau, naik tangga daripada lift. Mulailah dengan perlahan dan tingkatkan seiring kemampuan Anda.
Terkait : 10 Olahraga untuk Mencegah Kanker

2. Latih pikiran Anda

Setiap bentuk kegiatan mengasah otak juga bisa membantu terhindar dari penyakit Alzheimer. Mengisi teka-teki silang, ikut kursus, belajar bahasa baru, atau berdiskusi politik dengan teman Anda. Sepanjang Anda tak menarik diri dari lingkungan sekitar Anda, maka Anda bisa mengambil manfaatnya. Banyak penelitian menyarankan, memiliki banyak teman juga dapat menurunkan risiko dementia hingga sebesar 60 persen.

3. Beri makan otak

Agar terhindar dari penyakit Alzheimer, perhatikan makanan yang Anda konsumsi, jangan hanya sekadar kenyang. Pola makan ala Mediterania (banyak sayuran dan buah, biji-bijian utuh dan ikan) patut dicoba karena menurunkan risiko diabetes karena diabetes merupakan faktor risiko utama Alzheimer.
Terkait : Membuat Tubuh Langsing dan Sehat dengan Diet Mediterania

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan obesitas dengan risiko yang lebih besar dari demensia. Sebuah studi observasional terbaru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa risiko demensia tiga kali lipat untuk orang-orang yang mengalami obesitas di usia 30-an.

Makan lebih banyak buah dan sayuran, meningkatkan asupan Omega 3 lemak, dan mengelola berat badan Anda melalui kontrol asupan kalori dapat melindungi terhadap penyakit Alzheimer. Perubahan pola makan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga otak Anda tetap sehat tetapi dapat juga membantu meningkatkan kesehatan fisik dan kualitas hidup.

4. Kelola stres

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang mudah stres dua kali lebih rentan mengalami Alzheimer dalam waktu lima tahun mendatang dibandingkan mereka yang lebih tenang. Meditasi, tai chi, pijatan dan berjalan kaki setelah makan malam bersama teman dapat membantu untuk meningkatkan ukuran bagian-bagian otak yang mengontrol daya ingat.
Terkait : Hilangkan stres dengan rileksasi tubuh dan pikiran

Stres pasti dialami setiap orang dalam kehidupan. Anda tidak mungkin bisa menghilangkannya, tetapi Anda bisa mengelolanya. Dan Anda tak perlu terlalu cemas tentang risiko penyakit Alzheimer, karena rasa cemas itu sendiri adalah bentuk stres.

Dan ingat: tidak merokok, cukup istirahat, menjaga perawatan medis yang tepat dan melindungi kepala Anda dari cedera juga dapat menjaga otak Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit Alzheimer. (Reader’s Digest Amerika)

1 Komentar untuk "4 Langkah Terhindar dari Penyakit Alzheimer "

Terima kasih untuk artikelnya, Sekarang saya tau apa itu penyakit Alzheimer, dan bagaimana cara menghindarinya :D

Back To Top