10 Kebiasaan Buruk yang Membunuh Kecerdasan Otak

kebiasaan-buruk-yang-membunuh-kecerdasan
Kita sering tidak menyadari bahwa kebiasaan dan gaya hidup yang kita lakukan memberi pengaruh terhadap kecerdasan otak dan kesehatan mental kita. Kesehatan mental sangat penting untuk memastikan fungsi dari hampir setiap organ dalam tubuh berjalan dengan baik dan bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan beberapa fungsi sistem tubuh.

Berikut ini 10 kebiasaan buruk yang membunuh kecerdasan otak dan mempengaruhi kesehatan mental Anda

Terlalu banyak tidur
Penelitian medis telah membuktikan peran terlalu banyak tidur dalam depresi. Terlalu banyak tidur tidak hanya mempengaruhi kecerdasan otak dan kesehatan mental tetapi juga bertanggung jawab untuk meningkatkan faktor risiko penyakit seperti diabetes. Terlalu banyak tidur dalam konteks ini mengacu pada tidur lebih dari waktu yang dibutuhkan 6-9 jam tidur dalam sehari.
Terkait : Ini Bahayanya Terlalu Banyak Tidur di Akhir Pekan

Konsumsi alkohol
Mengkonsumsi alkohol sesekali mungkin memberi beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun, bila berlebihan dan dikonsumsi secara teratur dapat memberi efek besar pada kesehatan mental seseorang. Mengonsumsi alkohol secar berlebihan diketahui menyebabkan masalah memori selain itu menjadi penyebab utama untuk rasa gelisah dan depresi.
Terkait : 9 Organ Tubuh yang Rusak akibat Minuman Beralkohol

Kurang olahraga
Kita semua tahu fakta bahwa olahraga teratur adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental. Jika kurang olahraga membuat Anda lebih rentan terhadap stres, lebih mengarah ke penyakit mental.
Terkait : Ini Dia Manfaat Berolahraga di Ruang Terbuka!

Stres
Stres pasti pernah dialami oleh setiap orang. Namun, tidak mengelola stres secara efektif dengan mengadopsi gaya hidup yang buruk dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit mental. Beberapa fakta mengungkapkan bahwa stres sebagai sumber utama kecemasan dan depresi.
Terkait : 10 Keajaiban Positive Thinking

Merokok
Merokok adalah penyebab lain kesehatan mental yang buruk. Terlalu banyak merokok dapat mengganggu fungsi normal dari sel-sel otak, menyebabkan daya memori menurun dan aktivitas mental yang dalam jangka panjang.

Memakai narkoba
Narkoba adalah hal terburuk yang dapat dipilih jika Anda menginginkan kesehatan mental Anda hancur. Konsumsi obat yang berlebihan dapat menyebabkan masalah mental yang serius selain kecemasan dan depresi.

Kurang tidur
Sama seperti tidur yang berlebihan, kurang tidur dapat juga menyebabkan ketidakseimbangan fungsi otak. Kurangnya tidur dipandang sebagai faktor utama kecemasan pada orang muda.

Tidak mau untuk belajar hal yang baru
Ini adalah salah satu dari hal-hal yang mempengaruhi otak dan kesehatan mental secara keseluruhan. Tidak ingin belajar sesuatu yang baru tidak memungkinkan untuk pertumbuhan lebih lanjut dari otak Anda. Otak Anda menjadi stagnan jika Anda tidak mencari informasi terbaru. Teruslah memberi makan otak Anda dengan informasi jika Anda ingin kesehatan otak dan mental tetap terjaga.
Terkait : Manfaat Membaca untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi makanan yang tidak sehat
Terlalu banyak pada makanan yang digoreng, mengandung lemak, dan makanan tidak sehat lainnya dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan mental Anda secara keseluruhan. Makanan yang tidak sehat memperlambat kekuatan pemrosesan otak Anda dari waktu ke waktu dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.
Terkait : Membuat Tubuh Langsing dan Sehat dengan Diet Mediterania

Menjalani kehidupan sosial yang buruk 
Otak kita didesain untuk bersosialisasi. Jika Anda tidak memiliki kehidupan sosial yang baik, dalam jangka panjang dapat memberikan kontribusi berkurangnya kapasitas mental Anda dan menyebabkan ketidakharmonisan otak dan mental.

Semoga uraian kebiasaan buruk yang mebunuh kecerdasan otak bermanfaat bagi Anda. Salam sehat! (www.boldsky.com/ilustrasi : www.bewareofdrugs.com)
Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "10 Kebiasaan Buruk yang Membunuh Kecerdasan Otak"

Back To Top