Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi pada Tubuh

bahaya-asam-urat-tinggi
Hyperuricemia, yang umumnya dikenal sebagai kadar asam urat tinggi kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Namun saat ini penyakit asam urat juga banyak menyerang usia di bawah 40 tahun.
Baca : Hati-hati! Sekarang Penyakit Kronis Bisa Menyerang di Usia Muda

Kadar asam urat yang normal dalam darah pada pria tidak boleh melebihi 7 mg/dL dan pada wanita 6 mg/dL. Peninggian kadar asam urat dalam darah menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara produksi asam urat yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi dengan pengeluarannya melalui ginjal, yang kemungkinan disebabkan karena produksi asam urat yang berlebihan ataupun pengeluarannya dari tubuh melalui ginjal yang terlalu sedikit maupun kombinasi keduanya.

Agar Anda lebih waspada, berikut ini bahayanya asam urat tinggi pada tubuh :

Gout atau nyeri sendi
Gout atau nyeri sendi berkembang karena reaksi imunologis terhadap akumulasi kristal asam urat pada sendi. Gout ditandai dengan rasa sakit yang hebat pada sendi, peradangan (pembengkakan) dari sendi, demam, dan pengelupasan kulit di sekitar sendi. Kadar asam urat melebihi 10mg/dL meningkatkan risiko pengembangan gout. Gejala nyeri dirasakan terutama pada malam atau pagi hari pada saat cuaca dingin. Rasa nyeri ini disebabkan karena penumpukan kadar asam urat di celah sendi dan menimbulkan peradangan. Bila sudah terjadi secara kronis, maka akan terjadi kerusakan permanen di sendi tersebut.
Baca : Jangan Anggap Remeh 7 Rasa Nyeri Ini! 

Batu ginjal
Bahaya asam urat tinggi bagi penderitanya yaitu dapat memicu batu ginjal. Awalnya mungkin batu ginjal tidak terdeteksi sampai timbulnya rasa sakit yang luar biasa menyakitkan dan membuat seseorang sering buang air seni, kencing darah, mual dan muntah. Gejala klasik dari batu ginjal adalah nyeri tiba-tiba dan intens dalam perut, panggul, dan daerah pangkal paha, yang cenderung datang secara bertubi-tubi. Gejala tambahan mencakup kencing darah dan rasa nyeri saat buang air seni.
Baca : Sinyal Kesehatan dari Air Seni

Gagal ginjal
Bahaya asam urat tinggi yang paling parah adalah gagal ginjal, yang bermanifestasi menjadi kurang kencing, sesak napas, pembengkakan pada tungkai, kebingungan dan mengantuk, kelelahan, atau nyeri dada. Gagal ginjal dapat berkembang pada pasien dengan leukemia, limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin karena kadar asam urat. Ini biasanya merupakan konsekuensi dari kemoterapi, yang membunuh sel-sel ganas.
Baca : Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Limfoma

Bahaya Pada Jantung
Hiperurikemia berkorelasi dengan angka kematian yang disebabkan berbagai macam penyakit jantung dan pembuluh darah. Pada pasien dengan hiperurikemia dan hipertensi  dapat meningkatkan risiko 3-5 kali timbulnya penyakit jantung koroner dan stroke dibandingkan dengan yang hanya menderita hipertensi. Hiperurikemia atau asam urat tinggi juga berhubungan dengan sindroma metabolik (sindroma X) atau resistensi insulin, yaitu kumpulan kelainan-kelainan dengan kadar insulin yang meningkat di dalam darah, hipertensi, kadar trigliserida darah yang meningkat dan kadar lemak baik (HDL-cholesterol) yang rendah yang semuanya sering menyebabkan penyakit jantung koroner.
Baca :Mengenal Perbedaan HDL, LDL, & Trigliserida 

Lakukan pemeriksaan secara rutin agar Anda bisa mengontrol dan terbebas dari bahaya asam urat tinggi pada tubuh. Dengan diet yang rendah asam urat atau dikenal sebagai diet rendah purin yang ketat dalam jangka waktu lama dan kombinasi dengan alupurinol serta kontrol berobat secara teratur akan dapat mempertahankan kadar asam urat darah dalam batas normal.

3 Komentar untuk "Waspadai Bahaya Asam Urat Tinggi pada Tubuh"

Back To Top