Selain Segar, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh!

manfaat-air-kelapa-bagi-kesehatan
Semua sepakat air kelapa merupakan minuman alami yang menyegarkan dan membantu menjaga tubuh tidak dehidrasi dan tetap segar. Di dunia ini, air kelapa merupakan cairan paling murni kedua setelah air. Air kelapa tidak hanya berisi air, tetapi juga mengandung nutrisi karena dalam 30 ml air kelapa terkandung 61 mg potasium, 5,45 mg sodium, dan 1,3 mg gula. Kandungan lainnya adalah magnesium, kalsium, vitamin B dan C, zinc, selenium, iodine, serta sulfur.

Selain segar, ini manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu

1. Mencegah dehidrasi
Air kelapa mengandung semua elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh seperti sodium, potasium, klorida, kalsium, dan magnesium. Elektrolit ini bersama air minum memegang peran penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi terutama selama dan setelah beraktivitas fisik yang menguras keringat. Kekurangan cairan akan menyebabkan terjadinya dehidrasi yang bisa berakibat fatal. Saat dehidrasi air putih saja tidak cukup, diperlukanan juga elektrolit. Air kelapa yang kaya kandungan elektrolit, bisa menolong Anda dari dehidrasi

2. Mencegah Penuan
Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mencegah penuaan. Kandungan dalam air kelapa bersifat mencegah anti penuaan serta sifat anti-karsinogenik yang membantu untuk mengurangi penuaan kulit selain itu menjaga jaringan ikat dalam tubuh agar terhidrasi dan kuat.

3. Menetralisir racun yang masuk ke tubuh
Air kelapa mengandung antidotum yang dapat membantu mengeluarkan racun jika masih terdapat dalam lambung dengan cara memuntahkan atau membilasnya (Baca : Cara Gampang Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh). Bila racun tersebut sudah telanjur menyelusup ke dalam darah, pemberian air kelapa hanya akan membantu mengencerkannya, sehingga bisa dikeluarkan melalui ginjal. Namun tidak untuk semua jenis racun.

4. Dapat menurunkan berat badan
Kandungan kalori dalam air kelapa sangat rendah maka, oleh karena itu bila Anda ingin menurunkan berat badan, gantilah kebiasaan mengonsumsi minuman berkalori tinggi seperti soda, kafein, atau jus buah dengan air kelapa.

5. Meningkatkan sistem imun
Asam lauric yang ada pada ASI ternyata terdapat juga pada air kelapa. Manfaat asam ini yaitu antimikroba, antibakteri, serta antijamur. Air kelapa yang diminum secara teratur sangat baik untuk meningkatkan sistem imun/antibodi tubuh untuk melawan berbagai virus dan penyakit.

6. Meningkatkan metabolisme dan baik untuk pencernaan
Komponen air kelapa kaya akan berbagai enzim bioaktif yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan metabolisme. Konsumsi air kelapa secara teratur bermanfaat untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh yang membantu membakar gula dan meluruhkan lemak lebih cepat.

7. Menghilangkan mual
Air kelapa juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual bagi penderita demam tifoid, malaria, atau penyakit lain yang menimbulkan rasa mual bisa mencoba mengonsumsi air kelapa.

8. Mengobati pasien kolera
Air kelapa mengandung albumen alami sehingga cocok menjadi minuman darurat pada pasien yang terinfeksi kolera.

9. Menjaga keseimbangan elektrolit
Air kelapa merupakan sumber potasium yang bagus untuk tubuh. Elektrolit ini dibutuhkan tubuh setiap hari untuk menjaga fungsi kontraksi jantung.

10. Mengatasi infeksi saluran kencing
Minum air kelapa secara teratur disebutkan membantu memecah batu ginjal sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Oleh karena itu minum air kelapa sangat disarankan untuk mereka yang menderita batu ginjal dan saluran kemih (Baca : Tes untuk Deteksi Gagal Ginjal).

11. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat air kelapa lainnya adalah dapat melembutkan kulit. Anda bisa menggunakan air kelapa untuk mandi atau memilih lotion kulit yang terbuat dari kelapa. Air kelapa bekerja seperti halnya pelembab ringan dan juga mengurangi kelebihan minyak di kulit.

12. Mengurangi efek alkohol
Minuman beralkohol yang terlalu banyak masuk ke dalam lambung memang bisa dikeluarkan dengan cara minum air kelapa untuk membuat muntah selain itu air kelapa juga bisa mengencerkan kadar minuman keras, hingga efeknya menjadi lemah. Namun konsumsi air kelapa sama sekali tidak ada manfaatnya bila minuman beralkohol tersebut sudah merasuk ke dalam jaringan dan sudah menimbulkan kerusakan jaringan yang sifatnya permanen (Baca : 9 Organ Tubuh yang Rusak akibat Minuman Beralkohol).

13. Menurunkan demam
Bagi penderita demam dengue yang terpenting adalah mencegah terjadinya dehidrasi dengan menjaga cairan tubuh dengan minum atau dengan infus. Air kelapa diperlukan karena mempunyai kandungan seperti cairan isotonis tubuh.

Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mencari minuman sehat. Kelapa merupakan tanaman tropis yang di negara kita sangat melimpah dan harganya sangat murah. Selain segar, ternyata ada beragam manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh Anda.


Tag : Dapur Sehat
1 Komentar untuk "Selain Segar, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh!"

Banyak juga ya manfaat dari air kelapa.

Jika berkenan silahkan kunjungi blog saya juga : Manfaat sSusu Kambing Etawa untuk kesehatan.

Back To Top