Akhir Tahun Ini, Uji Coba Vaksin Ebola Diharapkan Selesai

uji-coba-vaksin-ebola
Infeksi virus ebola sejak wabah ini muncul pada Desember 2013 telah menewaskan sekitar 4000 orang dan menyerang lebih dari 8000 orang. Virus ebola menyebar dengan cepat di Afrika Barat. Virus ini juga dikhawatirkan mewabah di banyak negara lain. Sayangnya, hingga kini belum ada vaksin yang dinyatakan mampu menangkal virus ebola.

Vaksin ebola tidak menjadi perhatian banyak peneliti sebelumnya karena virus ini terbilang langka dan tidak menarik bagi perusahaan farmasi. Tak ada yang menyangka jika virus ini bisa menyebar dengan cepat di Afrika Barat. Karena begitu cepatnya viorus ini menyebar dan membunuh pasiennya, vaksin ebola akhirnya saat ini terus dikembangkan oleh para peneliti. Vaksin ebola tengah diuji coba di Amerika Serikat dan Inggris.

Ketua penelitian vaksin ebola, Dr Ripley Ballou mengatakan, percobaan vaksin hingga dapat dibuktikan mampu menangkal ebola belum siap hingga akhir tahun 2015. Namun, Piot optimistis hasil uji coba vaksin tahap satu bisa selesai pada Natal atau bulan Desember tahun ini.

Menurut Direktur London School of Hygiene dan Tropical Medicine ini, secara teori penyebaran virus ebola sebenarnya bisa dikontrol. Adanya vaksin ebola pun menjadi suatu kebutuhan yang mendesak.

"Ini bukan lagi sebuah wabah, tetapi krisis kemanusiaan. Mungkin kita harus menunggu ada vaksin untuk menghentikan wabah ebola. Mudah-mudahan kita akan memiliki obat-obatan dan vaksin untuk menawarkannya di Afrika," kata Piot.

Jika berhasil melewati uji klinis, maka segera akan dilakukan program imunisasi besar-besaran terhadap penduduk di sejumlah negara. Vaksin nantinya akan diutamakan lebih dulu digunakan untuk mereka yang paling berisiko terinfeksi virus ebola, yaitu petugas kesehatan.

Meskipun sudah ada vaksin tantangan virus ebola belum berakhir hingga penderita ebola meninggal dunia atau sembuh total tanpa menularkan virus kepada orang lain. Menurut Piot, hanya butuh satu penderita ebola untuk dapat menyebarkan virus itu ke banyak orang. (dailymail.co.uk/kompas.com)

Tag : News
0 Komentar untuk "Akhir Tahun Ini, Uji Coba Vaksin Ebola Diharapkan Selesai "

Back To Top