9 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh

manfaat-tertawa-untuk-kesehatan
Banyak orang bilang bahwa tertawa adalah obat yang paling mujarab untuk segala penyakit, memang ini kiasan ada benarnya. Karena ternyata dengan tertawa tidak hanya membuat orang senang tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk sehat, cukup tertawa dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat tertawa untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu :

1. Menurunkan stres 
Saat stres tubuh melepaskan beberapa hormon yang paling berbahaya seperti kortisol. Hormon ini terlibat dalam respon stres dan meningkatkan tekanan darah dan kadar gula darah. Tertawa dapat membantu menekan hormon stres yang merusak kesehatan Anda. Pada dasarnya tertawa memiliki efek menenangkan dan menurunkan efek stres.
Baca : Cara Bebas Stres Bagi Orang Tua 

2. Meningkatkan sirkulasi darah
Tertawa mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah karena saat tertawa darah mengalir ke jantung, otak dan hampir setiap bagian dari tubuh Anda. Tertawa juga merupakan obat hipertensi alami karena dapat menurunkan tekanan darah Anda.

3. Olahraga yang baik
Manfaat tertawa bagi kesehatan lainnya menjadi salah satu olahraga wajah dan rahang Anda. Beberapa studi menunjukkan bahwa saat tertawa terbahak-bahak, seluruh tubuh Anda tersentak seperti berolahraga.
Baca : Waspadai Wajah Asimetris Akibat Bell's Palsy

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sejumlah studi membuktikan bahwa tertawa bermanfaat memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan sering tertawa, Anda telah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap flu, batuk dan beberapa jenis alergi. Tertawa ditengarai mampu melepaskan T-cell dan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.
Baca : 5 Jenis Antibodi dalam Tubuh 

5. Menyehatkan paru-paru
Saat tertawa, secara reflek Anda memberikan dorongan ke diafragma dan paru-paru. Tindakan paksa ini mengisi paru-paru Anda dengan oksigen yang membantu untuk membersihkan paru-paru Anda dan membuka dada untuk bernafas lebih dalam.

6. Meredakan nyeri
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit adalah dengan tertawa. Tak hanya itu, tertawa bermanfaat juga membantu untuk mengusir rasa takut dan kecemasan yang datang akibat rasa sakit fisik.
Baca : Jangan Anggap Remeh 7 Rasa Nyeri Ini!

7. Meningkatkan memori
Anda menghirup jumlah oksigen yang lebih banyak saat tertawa. Ini membantu mengisi ulang sel-sel otak Anda. Itulah sebabnya tertawa membantu meningkatkan memori serta keterampilan motorik.

8. Merilekskan saraf dan otak
Tertawa bermanfaat membantu sistem saraf menjadi rileks dan tenang, memberikan efek anti-stress selama 30 - 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia.

9. Membantu penyembuhan diabetes
Tertawa juga bermanfaat bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian mengungkap bahwa tawa bisa membantu pasien diabetes dan hipertensi menjadi lebih sehat. Obat-obatan yang dipadukan dengan terapi tertawa bisa memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap pasien diabetes dan hipertensi.
Baca : Gejala Diabetes Melitus yang Perlu Anda Waspadai

Cukup dengan tertawa, Anda tidak perlu repot dan mengeluarkan banyak uang untuk sehat. Semoga artikel manfaat tertawa untuk kesehatan tubuh menambah pengetahuan Anda. (boldsky.com)

Tag : Tips Sehat
1 Komentar untuk "9 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Tubuh"

Nice info gan,
Memang tertawa adalah obat gratis dan mujarab :)

Back To Top