6 Cara Mudah Terhindar dari Serangan Stroke

cara-mudah-terhindar-dari-serangan-stroke
Stroke dapat menyerang siapa saja yang memiliki riwayat penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi. Serangan stroke tidak diketahui kapan datangnya, kadang tiba-tiba dan juga perlahan. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kronis ini selain terapi yang memakan waktu lama. Stroke juga termasuk salah satu penyakit penyebab kematian paling banyak di Indonesia.

Agar terhindar dari risiko stroke, baiknya Anda mengetahui cara mencegah penyakit ini. Lebih baik mencegah lebih dini daripada Anda terserang stroke.
Baca : Kenali Faktor Risiko Stroke yang Bisa Menyerang Anda

Berikut ini 6 cara mudah terhindar dari serangan stroke yang sebaiknya Anda coba :

1. Pola makan sehat
Cara mudah terhindar dari serangan stroke yang pertama adalah pola makan yang sehat. Konsumsi lebih banyak buah, sayur, ikan, biji-bijian utuh, produk susu rendah lemak, serta hindari makanan yang terlalu manis, berlemak, daging olahan, atau lainnya.
Baca : Awali Hidup Sehat dari Makanan

2. Olahraga
Tidak ada yang meragukan manfaat olahraga untuk kesehatan. Cukup berolahraga ringan selama 40 menit atau lebih setiap hari ditambah dengan olahraga yang sedikit berat di akhir minggu akan membuat Anda terhindar dari serangan stroke.
Baca : 10 Olahraga untuk Mencegah Kanker

3. Berhenti merokok
Kebiasaan merokok memberi dampak yang besar pada risiko serangan stroke. Jika ingin terhindar dari serangan stroke, sebaiknya segeralah berhenti merokok.

4. Hindari minuman beralkohol
Minum minuman beralkohol hingga sembilan gelas alkohol per minggu bisa meningkatkan risiko stroke. Karena itu agar terhindar dari serangan stroke segera hentikan kebiasaan minum alkohol.
Baca : 9 Organ Tubuh yang Rusak akibat Minuman Beralkohol

5. Menjaga berat badan tetap ideal
Memiliki berat badan ideal juga bisa membantu Anda terhindar dari serangan stroke. Caranya adalah dengan berdiet dan menjaga pola makan, serta gaya hidup yang sehat. Bila Anda sedang diet cobalah diet mediterania, karena diet ini merupakan diet yang ampuh dan sehat.
Baca : Membuat Tubuh Langsing dan Sehat dengan Diet Mediterania

6. Kurang tingkat stres
Stres dapat meningkatkan tekanan darah, memperburuk sensitivitas insulin dan merangsang sistem saraf simpatis. Hal ini dapat berujung pada munculnya hipertensi dan diabetes. Agar terhindar dari stres, cobalah lakukan kegiatan seperti baca buku, berwisata olahraga, mendengarkan musik dan berkumpul bersama orang terdekat Anda.

Lakukanlah 6 cara mudah terhindar dari serangan stroke seperti diatas mulai sekarang. Stroke dapat dicegah bila kita secara dini mengenali faktor risiko stroke dan mengendalikannnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Salam sehat!

1 Komentar untuk "6 Cara Mudah Terhindar dari Serangan Stroke"

Alhamdulillah, sy gak merokok, ternyata rokok juga dapat menyebabkan stroke ya

Back To Top