4 Tanda dari Kulit yang Memberitahu Kesehatan Tubuh Anda Tidak Normal

tanda dari kulit mengenai kesehatan tubuh
Kulit bukan hanya sebagai pelapis luar manusia, kulit adalah suatu organ tubuh, sama seperti jantung, paru-paru, ginjal, atau hati. Di samping memberikan lapisan pelindung pengaruh dari luar seperti patogen, abrasi fisik, suhu, dan sinar matahari, kulit mempunyai banyak fungsi termasuk berperan penting dalam homeostasis yaitu kemampuan tubuh dalam mempertahankan keseimbangan dalam menghadapi berbagai kondisi yang dialaminya.
Baca : Fungsi Kulit yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Sebagai organ tubuh yang terbesar dan terluas, kulit ternyata bisa juga menginformasikan pada Anda gangguan kesehatan apa yang terjadi dalam tubuh. Inilah tanda dari kulit yang memberitahu kesehatan tubuh Anda tidak normal :

Ruam pada kulit
Ruam terjadi pada kulit atau acanthosis nigricans biasanya akibat reaksi tubuh atas alergi yang terjadi. Patut dicurigai bila muncul ruam di bagian belakang leher atau sekitar lengan dengan warna yang lebih gelap. Bisa jadi ini merupakan tanda semakin tingginya penyakit diabetes melitus di dalam tubuh pasien diabetes. Tak hanya itu saja, ruam juga bisa menjadi tanda awal dari kanker perut atau kanker hati.

Perubahan warna kulit
Anda perlu waspada jika warna kulit berubah secara mendadak. Bila kulit yang berubah menjadi lebih cokelat bisa menjadi tanda dari masalah metabolisme zat besi dalam tubuh. Kulit yang menguning bisa jadi merupakan tanda dari gangguan hati. Penggelapan kulit pada lipatan kulit yang tidak normal merupakan salah satu tanda dari penyakit hormonal seperti penyakit Addison yang mempengaruhi kelenjar adrenal.

Jerawat
Memang saat masa pubertas atau premenstrual syndrome (PMS) muncul jerawat adalah hal yang wajar. Anda harus waspada dengan jerawat jika muncul di sepanjang wajah bagian bawah atau garis rahang. Karena kondisi ini bisa menjadi tanda dari sindrom ovarium.

Kulit kering
Kelembaban kulit Anda akan hilang dikarenakan tekanan darah tinggi dan masalah fungsi ginjal. Akibatnya kulit bisa menjadi sangat kering dan gatal. Selain itu penyakit autoimun yang disebut dengan sklerosis sistemik juga dapat membuat kulit menjadi keras dan bengkak.
Baca : Pengaruh Kadar Gula Tinggi pada Kulit

Itulah tanda dari kulit yang memberitahu kesehatan tubuh Anda tidak normal. Segera periksa ke dokter jika munculnya serangkaian gangguan di kulit.(livescience.com)
Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "4 Tanda dari Kulit yang Memberitahu Kesehatan Tubuh Anda Tidak Normal"

Back To Top