Tenaga Kesehatan Paling Rentan Tertular Hepatitis B

tenaga-kesehatan-rentan-tertular-hepatitis-b
Data Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan tahun 2013 menunjukkan tenaga kesehatan paling rentan terkena infeksi hepatitis B, sekitar 7000 tenaga kesehatan di Indonesia terinfeksi hepatitis B. Sebanyak 4900 diantaranya disebabkan karena tertusuk jarum suntik dan hanya 2200 yang terinfeksi karena populasi.

Peneliti Lukman Hakim Tarigan di Kementerian Kesehatan, Selasa (16/9/2014) mengungkapkan, imunisasi harus dilakukan oleh semua tenaga kesehatan. Mereka harus diberi perlindungan khusus misalnya dengan memberikan dalam 3 dosis vaksinasi. Hal ini untuk menekan jumlah tenaga kesehatan yang terinfeksi hepatitis B.

Selain itu, penggunaan jarum suntik di rumah sakit yang steril dan aman wajib dilakukan. Lukman menjelaskan, di beberapa negara berkembang sudah menggunakan jarum suntik yang memiliki pelindung pada jarumnya dan sulit membuat orang lain tertusuk jarum tersebut.

Plt Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, Agus Purwadianto menambahkan terdapat 49 persen tenaga kesehatan yang rentan tertularan virus hepatitis B. Sementara itu, Ali Sulaiman dari Divisi Hepatologi, bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Indonesia mengatakan, penyakit hepatitis B yang menyerang hati ini memang sulit dideteksi gejalanya.

Masyarakat Indonesia dinilai masih belum memiliki kesadaran tinggi mengenai penularan virus ini. Padahal dampak dari virus ini bisa menyebabkan sirosis hati atau pengerutan hati hingga kanker hati.(Kompas)
Tag : News
0 Komentar untuk "Tenaga Kesehatan Paling Rentan Tertular Hepatitis B"

Back To Top