Manfaat Tes Kesehatan Calon Karyawan Bagi Perusahaan

manfaat-tes-kesehatan-calon-karyawan
Dengan alasan menghemat biaya, banyak perusahan tidak menerapkan tes kesehatan calon karyawan dalam proses rekrutmen karyawan baru. Padahal dalam era sekarang ini dimana persaingan yang semakin ketat dibutuhkan sumber daya manusia atau karyawan yang tidak hanya terampil tetapi juga yang benar-benar tangguh dan sehat.

Untuk memperoleh karyawan yang benar-benar sehat dan siap tentunya harus melalui tes kesehatan saat proses rekrutmen. Karena dengan tes kesehatan perusahaan mengetahui riwayat kesehatan calon karyawan tersebut. Apakah sebelumnya pernah menderita penyakit kronis seperti penyakit Paru, Penyakit Ginjal, Hepatitis, Hipertensi, Penyakit Jantung, dan lain sebagainya. Hal ini sangatlah penting karena saat perusahaan menerima seseorang menjadi karyawan maka perusahaan bertanggung jawab terhadap kesehatannya selama melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut (UU No. 1/1970 yang berisi Perusahaan wajib untuk memberikan perlindungan  untuk keselamatan dan kesehatan bagi Karyawan yang ada di perusahaannya).

Berikut ini beberapa manfaat tes kesehatan calon karyawan bagi perusahaan, diantaranya :

1. Meningkatkan produktifitas kerja
Agar produktifitas kerja meningkat tentunya harus didukung dengan sumber daya manusianya yang sehat. Dengan melakukan proses tes kesehatan calon karyawan, perusahaan akan yakin bahwa calon karyawan dalam keadaan benar-benar sehat,  termasuk tidak mengidap penyakit apapun yang dapat menganggu saat bekerja atau yang dapat menularkan ke rekan kerja yang lain.

2. Menghemat Biaya Kesehatan Karyawan
Memang terlintas biaya tes kesehatan calon Karyawan terkesan mahal. Namun untuk jangka panjang keuntungan dari tes kesehatan calon karyawan sangat menghemat biaya kesehatan karyawan lebih banyak. Contoh kasus seperti ini : di sebuah perusahaan karyawan mereka yang baru direkrut setahun yang lalu sudah sering tidak masuk karena sakit hepatitis B, dan karyawan lain yang di rekrut 2 tahun lalu juga mengalami hal yang sama. dan posisi mereka di level Manajer, tentunya berakibat perusahaan harus menggantikan biaya penggantian kesehatan yang cukup besar. Belum ditambah dengan beban tugas mereka harus digantikan oleh orang lain, dimana jam kerjanya juga harus diperhitungkan, dan itu berarti menambah biaya pegawai. Misal pun pekerja tersebut memaksakan untuk masuk bekerja, maka hasilnya dipastikan tidak optimal, karena kurang bersemangat dalam bekerja. Hal ini tidak akan terjadi apabila sebelum masuk menjadi karyawan telah lulus tes kesehatan calon karyawan.

3. Menghindari tuntutan dari karyawan
Masalah ini muncul ketika misalnya ada seorang karyawan yang baru bekerja beberapa bulan didiagnosa mengalami penyakit Paru. Kemudian karyawan tersebut menyalahkan perusahaan, tempat ia bekerja karena setelah bekerja di sana ia menderita penyakit tersebut (Baca : Waspadai Penyakit Akibat Kerja). Tentunya pihak perusahaan tidak bisa mengelak karena tidak memiliki record kesehatan karyawan sebelum ia bekerja disana. Hal ini tidak akan terjadi jika sebelum karyawan tersebut diterima, harus melakukan tes kesehatan calon karyawan terlebih dahulu. Sehingga perusahaan bisa mengetahui riwayat kesehatan calon karyawannya dan mendeteksi sejak dini akan potensi munculnya berbagai jenis penyakit dikemudian hari.

4. Menambah kepercayaan Calon Karyawan terhadap perusahaan
Dengan mengetahui adanya proses tes kesehatan dalam seleksi karyawan, tentunya para calon karyawan akan semakin yakin dan percaya bahwa perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang bonafid dan menjamin kesejahteraan calon karyawan tersebut apabila diterima nantinya.

Dengan melakukan tes kesehatan calon karyawan, maka perusahaan dapat memilih mana yang tersehat selain kemampuan dan keterampilan lainnya. Lebih baik melakukan tindakan preventive, dari pada menyesal dikemudian hari. Percayakan tes kesehatan calon karyawan di rumah sakit atau laboratorium klinik yang telah berpengalaman dan terpercaya. Semoga artikel manfaat tes kesehatan calon karyawan bagi perusahaan menambah wawasan Anda.
0 Komentar untuk "Manfaat Tes Kesehatan Calon Karyawan Bagi Perusahaan"

Back To Top