Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan

makanan-yang-dihindari-saat-kehamilan
Tidak hanya aktivitas gerak yang harus dikurangi saat kehamilan. Makanan yang dikonsumsipun ada beberapa yang dilarang bagi ibu hamil. Hal ini dimaksudkan agar janin yang dikandung selalu sehat hingga sampai saatnya melahirkan.

Untuk menambah wawasan mengenai kehamilan yang sehat, berikut ini makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan, diantaranya :

1. Alkohol

Segala jenis alkohol bisa bersifat beracun bagi bayi dan dapat menyebabkan keguguran.. Jadi hindari minuman ini ketika hamil.

2. Kafein

Makanan yang banyak mengandung sebaiknya dihindari selama kehamilan karena dapat menghilangkan cairan dan kalsium dari tubuh, sehingga agar lebih aman, pilihlah konsumsi jus segar dan air mineral yang bersih daripada minum minuman berkafein.

3. Daging mentah atau setengah matang

Daging mentah dan setengah matang  berisiko tinggi terkontaminasi dengan bakteri, seperti coliform, toksoplasmosis dan Salmonella. Hindari hati hewan ternak karena tidak aman untuk dimakan selama kehamilan. Masaklah daging hingga benar-benar matang agar bakteri dalam makanan mati untuk menjaga kesehatan janin Anda.

4. Ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi

Mengonsumsi beberapa jenis ikan seperti ikan kembung, king mackerel, hiu, dan jenis ikan lainnya mengandung merkuri tinggi sebaiknya dihindari selama kehamilan. Merkuri dalam ikan dapat menyebabkan kerusakan otak pada bayi.

5. Telur mentah dan setengah matang

Ibu hamil memang membutuhkan protein dari telur, tetapi hindari makan telur yang dimasak setengah matang ketika hamil. Telur mentah dan setengah matang mengandung bakteri yang dapat membahayakan tubuh.

6. Susu dan keju tanpa pasteurisasi

Susu dan keju yang belum diproses atau tidak dipasteurisasi sebaiknya jangan diminum oleh ibu hamil. Sebab kemungkinan besar ada banyak bakteri yang bersarang di dalamnya. Lebih baik minum susu jenis lain yang lebih menyehatkan.

7. Pemanis buatan

Makanan dan minuman yang terlalu manis sebaiknya dihindari selama kehamilan. apalagi yang mengandung pemanis buatan. Lebih baik Anda cukup minum air putih atau jus buah segar.

8. Sayuran yang tidak dicuci dengan bersih

Sayuran sangat penting bagi perkembangan janin dalam perut Anda, tetapi makan sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu atau makan sayuran mentah sebagai lalapan sangat berbahaya bagi kehamilan. Bukan tak mungkin bakteri dan kuman menempel di makanan dan akhirnya mempengaruhi kesehatan kehamilan Anda.

Usahakan tetap kontrol secara rutin ke dokter kandungan, semoga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan diatas menambah wawasan Anda.
Tag : Ibu Hamil
1 Komentar untuk "Makanan yang Sebaiknya Dihindari Selama Kehamilan"

info yang sangat membantu.. banyak tips di web lain tetapi bahagia rasanya bisa membaca info dari blog ini..sekali lagi terimakasih

Back To Top