Ini Dia Manfaat Berolahraga di Ruang Terbuka!

manfaat-olahraga-di-tempat-terbuka
Karena tingginya rutinitas membuat masyarakat masa kini melupakan pentingnya olahraga. Seringkali dengan alasan waktu dan kemudahan fasilitas, banyak masyarakat memilih untuk berolahraga di dalam ruangan. Padahal, olahraga yang dilakukan di luar ruangan memiliki nilai positif lebih banyak daripada di dalam ruangan. Ini dia manfaat berolahraga di ruang terbuka seperti dibawah ini :

Lebih hemat dan bahagia
Dengan berolahraga di luar ruangan, tentunya Anda menjadi lebih hemat karena tidak seperti olahraga di pusat kebugaran yang berbayar, olahraga di luar ruangan gratis sepuasnya. Dengan begitu, Anda menjadi lebih sehat, bugar, dan dapat berpikir jernih sehingga Anda jauh lebih bahagia.

Lebih meningkatkan energi
Sebuah studi University of Rochester tahun 2009 yang dilaporkan The Telegraph, menemukan bahwa hanya 20 menit di luar ruangan dapat membuat kita merasa seperti setelah meminum secangkir kopi.
"Seringkali ketika merasa tenaga telah terkuras habis, kita meminum secangkir kopi. Namun, latihan fisik atau olahraga di luar ruangan ini merupakan cara yang lebih baik untuk mendapatkan energi yakni ketika kita menyatu dengan alam," ujar ahli psikologi, Richard M Ryan, Ph.D.

Dapat meningkatkan suasana hati
Manfaat berolahraga di ruang terbuka yaitu membuat suasana hati Anda lebih baik. Sebuah studi yang dilaporkan the Telegraph menyatakan bahwa menghabiskan waktu di ruang terbuka membuat 50 persen orang lebih bahagia daripada mereka yang menghabiskan waktu di gym. Penelitian sebelumnya juga menyatakan bahwa olahraga di ruang terbuka dapat mengatasi ketegangan, kebingungan, kemarahan dan depresi, jika dibandingkan dengan kegiatan dalam ruangan. Sebuah studi yang dilaporkan BBC juga menunjukkan bahwa hanya lima menit saja latihan di ruang terbuka hijau dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan menimbulkan kepercayaan diri.

Menambah kemampuan konsentrasi
Sebuah studi dari University of Illinois di Urbana-Champaign menemukan bahwa anak-anak dengan Attention Deficit Hiperactive Disorder (ADHD) mampu berkonsentrasi lebih baik setelah 20 menit berjalan kaki di taman.
"Kami tidak tahu taman yang seperti apa, yang pasti kehijauan dan hanya ada sedikit bangunan. Hal itu sepertinya bisa meningkatkan perhatian," ujar Frances E Kuo, Direktur University's Landscape and Human Health Laboratory.

Membuat latihan menjadi rutin
Sibuknya bekerja terkadang membuat Anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Survei tahun 2011 menyatakan bahwa mereka yang melakukan latihan fisik atau olahraga di luar ruangan lebih bisa bersikap konsisten untuk rutin berolahraga dari pada mereka yang melakukannya di gym.

Berat badan tetap stabil
Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa berat badan anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, 27-41 persen berat badannya lebih stabil dari pada anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan jika berada di ruang terbuka hijau dengan udara segar dan sinar matahari, dibanding hanya di dalam ruangan yang berisi kursi maupun meja.

Anda lebih lama dan betah berolahraga
Saat Anda memutuskan menanggalkan majalah, televisi, dan laptop Anda demi berolahraga di luar, Anda akan terkejut begitu mengetahui waktu berjalan begitu cepat. Olahraga di luar ruangan membuat Anda tidak menyadari begitu cepat waktu berjalan karena Anda begitu menikmatinya. “Mengubah rutinitas, melihat wajah-wajah baru, dan menikmati pemandangan alam akan membantu Anda memerangi kebosanan,” begitu ujar Robert Gotlin, Direktur Pusat Rehabilitasi Ortopedi dan Olahraga di New York.

Lebih banyak membakar kalori
Stacy Berman, seorang pemilik dan pelatih di Pusat Pelatihan Stacy’s Bootcamp mengungkapkan, “Berbagai medan di luar ruangan mungkin lebih tahu kebutuhan tubuh Anda dengan memberikan tantangan berupa tempat bergerak yang lebih kompleks dan bervariasi dibanding peralatan fitnes di pusat kebugaran.” Hal itu dapat membakar kalori sekitar 5-7 persen lebih banyak dibandingkan dengan ber-treadmill.

Memperoleh Vitamin D 
Olahraga maupun melakukan aktivitas fisik di ruang terbuka dapat membantu tubuh Anda vitamin D yang didapat dari terpaan sinar matahari.

Lebih sehat dan terbebas dari kuman
Sebuah studi mengungkapkan bahwa pusat kebugaran merupakan tempat berkembang biak yang baik bagi kuman dan bakteri. MRSA adalah salah satu bakteri yang paling berbahaya yang dapat ditemukan di fasilitas pusat kebugaran. Bakteri ini dapat menyebabkan demam, ruam, luka, dan nyeri dada. Anda dapat menghindari bahaya ini dengan selalu mencuci tangan Anda sehabis fitnes, mengganti kaus kaki Anda setiap hari, menyeka peralatan sebelum dan sesudah menggunakannya, serta selalu menggunakan sandal saat ke kamar mandi. Meskipun demikian, olahraga di luar ruangan tetap jauh lebih menyehatkan.

Bebas ke mana saja
Olahraga di luar ruangan tidak terbatas di tempat tertentu. Anda bebas mau ke mana saja, selama yang Anda mau, sejauh yang Anda inginkan. Tidak ada waktu terikat dan tidak ada kelas-kelas khusus. Olahraga di luar ruangan menjadi milik Anda sepenuhnya.

Mungkin Anda bisa juga mencoba wisata olahraga, yaitu kegiatan berwisata yang diselingi dengan kegiatan berolahraga, sehingga kegiatan Anda menjadi lebih menyenangkan dan sehat.



Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Ini Dia Manfaat Berolahraga di Ruang Terbuka!"

Back To Top