Bahaya Rokok bagi Wanita

bahaya-rokok-bagi-wanita
Secara kesehatan, wanita ternyata jauh lebih rentan daripada laki-laki. Hal ini bisa dipahami karena secara alami, fisik wanita memang berbeda dari laki-laki (Baca : Penyakit Berbahaya yang Paling Sering Diderita Wanita). Wanita  mengalami siklus hormonal yang menyebabkan mereka mengalami menstruasi, hamil, dan menyusui. Secara fisik wanita memiliki payudara dan rahim yang tidak dimiliki laki-laki.

Apalagi bagi wanita yang merokok. Ternyata rokok lebih memberi efek negatif lebih besar kepada wanita timbang pria. Berikut adalah bahaya rokok bagi wanita yang sebaiknya Anda tahu

1. Kanker paru
Kanker paru biasanya didominasi oleh laki-laki. Namun kini, angka kejadian kanker paru pada wanita menunjukkan tren kenaikan. Diyakini kuat, ini terjadi karena kebiasaan buruk merokok.

2. Kanker rongga mulut dan kerongkongan
Organ ini adalah bagian yang langsung terpapar asap rokok sebelum mencapai paru-paru. Rangsangan kronis asap rokok pada organ-organ ini pun dapat memicu pembentukan sel-sel kanker.

3. Kanker serviks (leher rahim)
Bahaya rokok bagi wanita yang lainnya yaitu kanker serviks meski masih menjadi perdebatan di kalangan ahli. Sebagian ahli berpendapat bahwa zat racun dalam asap rokok bisa mencapai leher rahim. Ini bisa meningkatkan risiko infeksi HPV (human papilloma virus) jenis serotipe tertentu yang bisa memicu pembentukan sel kanker.

4. Periode menstruasi terganggu
Risiko penyakit bukan hanya kanker. Kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan kemungkinan terganggunya periode menstruasi, terjadinya pendarahan yang berlebihan, juga keputihan. Ini semua bisa terjadi karena racun berbahaya pada rokok memengaruhi ovarium atau indung telur dan menyebabkan rendahnya kadar hormon estrogen.

5. Gangguan kesuburan
Kesuburan atau fertilitas pada perokok dapat berkurang hingga 72 persen sehingga mengganggu masa subur wanita. Artinya, bahaya rokok bagi wanita yaitu membuat kemungkinan lebih besar untuk mandul (Baca : Hal yang Menyebabkan Wanita Susah Hamil).

6. Gangguan kehamilan
Pada wanita yang sedang hamil, zat-zat racun asap rokok juga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan ari-ari. Karena ari-ari ini menghubungkan ibu dengan janinnya, maka gangguan pertumbuhannya bisa menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah saat bayi lahir.

Sebelum Anda merokok pikirkanlah efek jangka panjangnya. Semoga artikel bahaya rokok bagi wanita bermanfaat bagi Anda. (kompas.com)
0 Komentar untuk "Bahaya Rokok bagi Wanita "

Back To Top